Bisa Pakai Bahan Dapur, Atasi Wastafel yang Mampet!

Minggu, 29 Mei 2022 | 06:20 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Bisa Pakai Bahan Dapur, Atasi Wastafel yang Mampet!

ILUSTRASI. Berikut cara-cara untuk mengatasi wastafel di rumah yang mampet.


KONTAN.CO.ID - Wastafel yang mampet memang terasa menyebalkan, terutama jika Anda sedang mencuci tumpukan piring yang menggunung di dapur.

Tidak hanya menghambat proses mencuci piring, wastafel yang mampet juga terasa menjijikkan sehingga membuat Anda kurang nyaman.

Untungnya, ada cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi wastafel yang mampet. Bahkan, beberapa trik berikut bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang ada di rumah, lo.

Nah, bagaimana caranya mengatasi wastafel yang mampet supaya kembali lancar? Dirangkum dari Home Serve, American Home Shield, dan Cnet, berikut penjelasannya.

Siram dengan air panas

Wastafel yang mampet biasanya disebabkan oleh kotoran seperti rambut, sisa makanan, dan minyak yang menumpuk di pipa pembuangannya, sehingga air tidak bisa turun dan mengalir dengan lancar.

Untuk membantu melepaskan kotoran tersebut, Anda bisa mencoba menuangkan air panas yang masih mendidih langsung ke lubang wastafel, lalu diamkan sebentar. Lalu, nyalakan keran air untuk mengetes apakah wastafel masih mampet. Ulangi beberapa kali hingga wastafel kembali lancar.

Sebagai catatan, hindari menggunakan metode ini jika pipa pembuangan Anda terbuat dari bahan PVC. Pasalnya, PVC termasuk dalam bahan plastik yang berisiko rusak atau meleleh jika terkena air panas yang mendidih.

Gunakan plunger

Plunger adalah alat berupa tongkat yang dilengkap dengan karet berbentuk mangkuk di ujungnya. Alat ini berfungsi untuk membantu melepaskan benda-benda yang tersumbat, misalnya pada kloset atau wastafel.

Nah, jika Anda tidak bisa menggunakan metode air panas di atas, coba gunakan plunger. Jika memungkinkan, gunakan plunger yang didesain khusus untuk wastafel alih-alih kloset.

Caranya, isi wastafel hingga setengah penuh, lalu tempelkan karetnya di bagian lubang air wastafel dan buat gerakan naik-turun seperti memompa selama beberapa kali. Lalu, periksa apakah air di wastafel bisa turun ke lubang dengan lancar.

Baca Juga: Lantai Masih Terasa Kotor Setelah Dipel? Mungkin Ini Penyebabnya

Gunakan cuka dan baking soda

Jika kedua metode di atas masih belum berhasil, cara ketiga yang bisa dilakukan adalah menggunakan campuran cuka dan baking soda (soda kue).

Pertama, pastikan tidak ada genangan air di wastafel tersebut. Lalu, tuangkan baking soda sebanyak kira-kira satu cangkir ke lubang wastafel. Lanjutkan dengan menuangkan satu cangkir cuka, lalu diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air panas.

Baking soda yang terkena cuka akan memicu reaksi kimia yang akan menghasilkan busa. Nah, reaksi inilah yang akan membantu memecah kotoran di dalam pipa pembuangan, sehingga akan kembali lancar.

Gunakan plumbing snake

Cara di atas masih belum berhasil? Trik terakhir yang bisa Anda coba adalah menggunakan alat bernama plumbing snake.

Alat ini terdiri dari kawat berbentuk spiral yang bisa dimasukkan ke dalam lubang wastafel dan diputar untuk membantu mengeluarkan kotoran dari dalamnya. Ulangi memasukkan dan mengeluarkan alat ini beberapa kali hingga lubang wastafel sudah tidak tersumbat.

Itulah beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi wastafel yang mampet. Selamat mencoba, dan semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru