Bukan Diet Ketat! 6 Olahraga Ini Bisa Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Jumat, 01 September 2023 | 11:07 WIB Sumber: Kompas.com
Bukan Diet Ketat! 6 Olahraga Ini Bisa Turunkan Berat Badan dengan Cepat


KESEHATAN - JAKARTA. Olahraga merupakan salah satu metode yang kerap digunakan untuk menurunkan berat badan, selain diet. Ketika berolahraga, tubuh akan membakar kalori pada tingkat maksimum sehingga mampu menurunkan berat badan. 

Tentunya, olahraga akan semakin efisien untuk menurunkan berat badan jika diikuti dengan pola makan yang sehat dan tidur cukup. 

Beberapa jenis olahraga mampu membakar kalori lebih banyak sehingga mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Tak hanya menurunkan berat badan, olahraga juga bisa membantu mencegah munculnya penyakit kesehatan kronis. 

Lantas, olahraga apa saja yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat? 

Menurut Kemenkes Olahraga yang menurunkan berat badan dengan cepat Dikutip dari Forbes, para ahli merekomendasikan penurunan berat hingga 2 pon (sekitar 1 kilogram) dalam seminggu. 

Penurunan berat badan itu bisa dilakukan melalui penerapan pola makan dan rutinitas olahraga. 

Menurut The Health Site, berikut beberapa olahraga yang mampu menurunkan berat badan dengan cepat jika dilakukan paling tidak 30 menit dalam sehari: 

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Kolesterol dalam Darah Melebihi Batas Normal

1. Jalan kaki 

Jalan kaki selama 30 menit sehari dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya penurunan berat badan. Para olahragawan mengatakan bahwa jalan kaki merupakan pendekatan paling sederhana untuk menurunkan berat badan. 

Bahkan, berjalan kaki secara konsisten konsisten dianggap sebagai salah satu pilihan olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan. Jalan kaki bisa mengurangi lemak tubuh visceral (lemak yang tersimpan di rongga perut). 

Penelitian pada 2022 di Nutrients menemukan bahwa total lemak tubuh akan hilang dengan berjalan kaki pada semua kecepatan. Meskipun kecepatan yang lebih lambat dalam jarak dan durasi yang lama pada awalnya lebih efektif untuk orang yang kelebihan berat badan. 

Baca Juga: Tanda-Tanda Penyakit Hepatitis, Cara Menular, dan Cara Mencegah Penyebarannya

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru