Cara-Cara Mudah Membersihkan Memori Internal HP Penuh, Bisa untuk Android dan iOS

Rabu, 25 Januari 2023 | 16:35 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cara-Cara Mudah Membersihkan Memori Internal HP Penuh, Bisa untuk Android dan iOS

ILUSTRASI. Cara-Cara Mudah Membersihkan Memori Internal HP Penuh, Bisa untuk Android dan iOS.


KONTAN.CO.ID -  Anda sering mendapati masalah memori internal handphone (HP) penuh? Ada cara mudah membersihkan memori internal yang penuh untuk HP Android dan iOS.

Kondisi memori yang penuh bisa menyebabkan handphone (HP) menjadi lambat bahkan membuat pengguna tidak bisa melakukan pembaharuan aplikasi. 

Meskipun saat ini sudah banyak HP yang menawarkan penyimpanan internal berkapasitas besar, tetapi, tetap saja pemberitahuan tentang ”ruang penyimpanan hampir habis” menjadi momok yang cukup Mengganggu. 

Berikut ini beberapa cara membersihkan penyimpanan internal smartphone yang penuh, dirangkum dari situs Universitas Medan Area (UMA).

Baca Juga: Asik! Beasiswa LPDP 2023 Sudah Dibuka, Cek Jadwal dan Cara Buat Akunnya

Menghapus arsip sampah dan cache

Cara pertama untuk membersihkan memori internal HP yang penuh adalah dengan menghapus arsip sampah dan cache aplikasi.

Arsip sampah dan cache berisi data-data yang bersifat sementara yang berguna buat meningkatkan kecepatan proses loading di software serta website dan bisa mengurangi penggunaan data di browser. 

Apabila data-data tersebut jarang atau bahkan tidak pernah dibersihkan, data akan menumpuk dan membentuk memori internal ponsel yang menghabiskan ruang penyimpanan.

Selalu bersihkan kedua hal ini secara berkala. Cara menghapus arsip cache bisa melalui pengaturan atau aplikasi cleaner yang biasanya telah disediakan pada HP Anda.

Membersihkan file media yang tidak digunakan

Pada umumnya perangkat lunak atau software yang terpasang pada ponsel akan secara otomatis memunculkan folder yang tersimpan pada folder manager. 

Folder tersebut berisi arsip mirip database, foto, video, serta sebagainya yang tentu berpengaruh pada ruang penyimpanan internal yang ikut terkikis.

Cobalah untuk memeriksa beberapa lokasi file seperti databases WhatsApp, arsip media yang terunduh otomatis, atau folder DCIM yang berisi screenshoot yang telah tidak digunakan. 

Kemudian hapuslah arsip-arsip tersebut setelah memilahnya lalu lihat perbedaannya sebelum dan sesudah dihapus.

Memindahkan file ke memori eksternal

Bagi pengguna HP yang hobi mengambil foto atau video, pasti ada banyak foto atau video yang tersimpan di dalam HP Anda.

Koleksi ratusan sampai ribuan foto, video, juga lagu-lagu favorit ini akan menambah pemakaian di memori internal ponsel. 

Ditambah dengan data dokumen yang berisi tugas sekolah, tugas kantor, ataupun e-book ikut menjadi penyebab munculnya notifikasi ‘ruang penyimpanan hampir habis’.

Jika ingin mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapusnya, maka pindahkan data-data tersebut ke penyimpanan eksternal atau SD Card. 

Baca Juga: Apa Itu LoA Unconditional? Ini Pengertian dan Kriterianya untuk Syarat LPDP 2023

Manfaatkan layanan cloud storage

Cara selanjutnya untuk mengatasi memori internal HP yang penuh adalah dengan memanfaatkan layanan cloud storage. Cloud storage merupakan wadah penyimpanan berbasis digital.

Kelebihan dari layanan ini adalah tidak memerlukan perangkat penyimpanan eksternal seperti flashdisk, keamanan terjamin, praktis dalam pemakaian, dan gratis dengan kapasitas penyimpanan yang besar. 

Anda tidak perlu menghapus foto, video, juga game untuk membuat ruang penyimpanan kembali lega. Anda bisa memanfaatkan layanan cloud storage gratis hingga berbayar.

Reset HP

Cara terakhir yang cukup efektif untuk mengatasi masalah penyimpanan internal yang penuh adalah mereset HP. 

Dengan cara ini smartphone akan kembali ke setelan pabrik, dimana seluruh data yang tersimpan serta aplikasi yang terpasang akan terhapus secara keseluruhan.

Melakukan factory reset akan membebaskan banyak ruang penyimpanan Android atau iPhone. Bahkan, HP Anda akan kembali seperti masih baru. 

Namun, sebelum melakukan cara ini, pastikan Anda sudah mem-backup data-data yang krusial agar tak ikut hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru