Cara Cek Data PDDikti Kmendikbud untuk Mahasiswa, Alumni, dan Universitas

Sabtu, 03 Agustus 2024 | 14:00 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Cara Cek Data PDDikti Kmendikbud untuk Mahasiswa, Alumni, dan Universitas

ILUSTRASI. Cek Data PDDikti Kemendikbud untuk Mahasiswa, Alumni, dan Universitas. KONTAN/Baihaki


EDUKASI - JAKARTA. Cara cek data PDDikti untuk Mahasiswa, Alumni, hingga Universitas. Keterbukaan informasi terkait riwayat jenjang pendidikan tinggi tentu memudahkan masyarakat melakukan verifikasi identitas.

Salah satu sistem yang diadopsi adalah situs PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi). Ini merupakan sistem basis data yang mengumpulkan dan mengelola data pendidikan tinggi di Indonesia.

Sistem ini dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

PDDikti berfungsi sebagai pusat informasi yang menyimpan data terkait perguruan tinggi, program studi, mahasiswa, dosen, serta lulusan di seluruh Indonesia.

Baca Juga: 20 Universitas Terbaik Indonesia 2024, Ada UNS, UNY, UNEJ

Ilustrasi Pendidikan Tinggi

Fungsi dan Tujuan PDDikti

Ada beberapa fungsi yang perlu diketahui oleh masyarakat umum yang mengakses situs dari Kemendikbud ini.

  • Penyimpanan Data Akademik: PDDikti menyimpan informasi tentang mahasiswa, termasuk identitas, riwayat pendidikan, dan status akademik.
  • Pelaporan dan Pengawasan: Sistem ini digunakan oleh perguruan tinggi untuk melaporkan data akademik secara berkala kepada pemerintah, memastikan transparansi dan akuntabilitas.
  • Validasi dan Verifikasi: PDDikti berfungsi untuk memverifikasi keabsahan data akademik, seperti ijazah dan transkrip nilai, guna mencegah pemalsuan data.
  • Penyediaan Data untuk Kebijakan: Data yang dikumpulkan oleh PDDikti digunakan oleh pemerintah untuk merancang kebijakan pendidikan tinggi yang lebih efektif dan berbasis data.
  • Layanan Informasi Publik: Sistem ini menyediakan akses informasi bagi publik, seperti status akreditasi program studi dan perguruan tinggi, serta data lulusan.

PDDikti menjadi alat penting dalam pengelolaan dan pengawasan sistem pendidikan tinggi di Indonesia, membantu memastikan bahwa informasi akademik terkelola dengan baik dan dapat diakses oleh pihak yang berkepentingan.

Baca Juga: Cara Daftar Spotify Premium Student untuk Mahasiswa Baru dan Lama

Cara cek data mahasiswa di PDDikti

Ada beberapa panduan untuk akses data di PDDikti.

  • Buka laman situs resmi PDDikti melalui https://pddikti.kemdikbud.go.id/.
  • Masukkan nama, program studi, dan asal institusi mahasiswa atau dosen yang ingin dicari.
  • Sebagai contoh “Budiono Universitas Indonesia”.
  • Klik “Cari”.
  • Selesaikan verifikasi Captcha.
  • Tunggu hingga daftar nama muncul.
  • Saat sudah ditemukan, klik “Lihat Detail”.
  • Halaman baru akan muncul.

Nantinya, laman akan menampilkan nama, perguruan tinggi, jenis kelamin, tahun masuk, Nomor Induk Mahasiswa (NIM), jenjang-program studi, status awal mahasiswa, dan status terakhir mahasiswa akan muncul di layar.

Informasi tersebut telah dibatasi setelah versi laman PDDikti pernah menampilkan jumlah SKS dan Pilihan program studi.

Apabila Anda menemukan data PDDikti yang salah, pengunjung dapat mengajukan perubahan data melalui laman https://kanalpengetahuandikti.kemdikbud.go.id/.

Pada dasarnya, semua mahasiswa dari perguruan tinggi resmi yang terdaftar pasti datanya ada di PDDikti. Nah, bagian sekretariat universitas atau bagian akademik di perguruan tinggi vokasi yang akan memasukkan data mahasiswa ke dalam PDDikti.

Itulah penjelasan terkait data PDDikti untuk Mahasiswa, Alumni, hingga Universitas yang wajib diketahui oleh pencari informasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru