Cara diet yang banyak dipilih untuk menurunkan berat badan selama masa pandemi

Sabtu, 07 Agustus 2021 | 05:10 WIB   Reporter: kompas.com
Cara diet yang banyak dipilih untuk menurunkan berat badan selama masa pandemi

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pandemi Covid-19 dan kebijakan PPKM menyebabkan berat badan naik. Simak cara menurunkan berat badan yang naik akibat kebanyakan aktivitas di dalam rumah selama pandemi Covid-19.

Selain olahraga, diet adalah cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Berikut beberapa pilihan diet yang bisa dipilih sebagai cara untuk menurunkan berat badan.

Punya tubuh ideal adalah cita-cita banyak orang. Apalagi, selama pandemi ni banyak orang mengeluh akan lingkar pinggang yang bertambah lebar. Lalu, diet apa yang cocok dipilih untuk menurunkan berat badan selama pandemi?

Setiap metode diet sebenarnya bereaksi dengan cara berbeda untuk setiap orang. Terkadang, ada yang berhasil menurunkan berat badan dengan diet keto namun adapula yang justru jatuh sakit karena diet tersebut.

Sebagai refrensi Anda yang ingin mencari cara menurunkan berat badan, berikut manfaat dan efek samping metode diet yang sering dilakukan orang:

Baca juga:  Hindari! Ini 6 makanan yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah

Diet Keto

Cara pertama menurunkan berat badan adalah dengan diet keto. Diet keto menerapkan pola makan yang kaya akan lemak dan mengurangi makanan mengandung karbohidrat.

Tubuh biasanyamengunakan glukosa dari karbohidrat sebagai energi. Dalam diet keto untuk menurunkan berat badan, kita tak lagi mengonsumsi karbohirat. Jadi, energi akan didapatkan dari proses pembakaran lemak.

Hal ini akan meningkatkan metabolisme, menjaga tingkat gula darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Diet ini sangat cocok untuk penderita diabetes tipe 2 atau epilepsi. Namun, diet keto bisa memicu "keto flu", yaitu kumpulan gejala seperti sembelit, susah tidur, sakit kepala, dan sebagainya. Keto flu biasanya terjadi saat awal mula kita mempraktikan jenis diet ini.

Simak cara lain untuk menurunkan berat badan di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru