Cara Memakai Test Pack yang Benar agar Hasil Kehamilan Akurat

Sabtu, 03 Desember 2022 | 12:15 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cara Memakai Test Pack yang Benar agar Hasil Kehamilan Akurat


TIPS & TRIK - Test pack adalah salah satu alat untuk mengecek kehamilan yang cukup terjangkau dan mudah didapat. Agar hasilnya akurat, Anda perlu memahami cara yang tepat menggunakan test pack.

Alat ini cukup sensitif sehingga akurasi hasilnya mencapai 99 persen jika digunakan dengan cara yang benar. Meskipun banyak test pack menjamin keakuratannya, penggunaan yang salah membuat hasil tes tidak tepat. 

Dikutip dari Healthlinetest pack bekerja mendeteksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini hanya muncul saat wanita sedang hamil. 

Hormon hCG ini terkandung dalam urine dan bisa dideteksi dengan test pack. Namun demikian, cara mengecek kehamilan dengan metode ini tidak bisa sembarangan.

Baca Juga: Skema Terbaru Seleksi PMB Tahun 2023, Simak Persyaratan dan Jadwal Seleksinya

Agar hasil yang didapat akurat, ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan. Berikut cara menggunakan test pack yang benar yang dirangkum dari Very Well Family dan The Bump:

  • Memilih test pack

Ada beragam jenis test pack yang beredar di pasaran dan Anda bisa memilih sesuai keinginan serta kebutuhan. 

Terdapat 3 jenis test pack yang bisa Anda beli yaitu test pack strip, test pack dengan wadah, dan test pack digital. Masing-masing test pack ini memiliki cara penggunaan yang berbeda.

Jenis test pack strip dan dengan wadah paling mudah ditemukan di apotek. Ada berbagai merk yang bisa Anda beli sesuai dengan kebutuhan.

  • Perhatikan kondisi test pack

Jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsa pada test pack. Jangan menggunakan test pack yang lama karena akurasinya sudah menurun.

Perhatikan juga kondisi alat saat membelinya. Pilih test pack yang masih dalam kondisi baik yaitu wadah atau kotak masih dalam keadaan bagus dan tidak terbuka. 

Perhatikan juga kadaluarsa dari alat tes kehamilan ini. Jangan sampai Anda membeli yang sudah kadaluarsa karena hasilnya tentu tidak akurat.

Sebaiknya, untuk membeli test pack di supermarket besar atau apotek yang terpercaya. 

  • Baca cara pemakaian

Sebelum menggunakan test pack, jangan lupa untuk membaca aturan pemakaiannya. Perhatikan, apakah Anda harus menampung urine atau tidak. 

Baca juga berapa lama Anda harus mencelupkan test pack pada urine. Durasi waktu hasil tes akan muncul juga perlu Anda perhatikan. 

Baca Juga: Posisi Buat Semua Jurusan di Rekrutmen Bersama BUMN 2022 Batch 2, Simak Daftarnya Ini

  • Pilih waktu yang tepat

Menentukan waktu pengecekan adalah salah satu cara menggunakan test pack yang tepat. Gunakan alat ini saat jadwal menstruasi Anda telah satu hari. 

Pagi adalah waktu yang paling ideal untuk mengecek kehamilan. Hormon kehamilan akan lebih terlihat di urine pertama di pagi hari.

Faktor ini bisa membuat hasil tes lebih akurat dibanding waktu-waktu lain. Setelah menggunakan test pack, lihat hasil yang muncul.

Di sebagian test pack, hasil positif ditunjukkan dengan dua garis. Hasil negatif ditunjukkan dengan satu garis. 

Demikian tata cara menggunakan test pack untuk mengecek kehamilan Anda. Jika Anda masih kurang yakin dengan hasil dari test pack sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru