Cara Memasang Antena TV Digital dengan Benar untuk Tangkap Sinyal

Jumat, 24 Mei 2024 | 10:05 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Cara Memasang Antena TV Digital dengan Benar untuk Tangkap Sinyal

ILUSTRASI. Cara Memasang Antena TV Digital dengan Benar untuk Tangkap Sinyal. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


TIPS & TRIK - JAKARTA. Simak cara memasang antena TV Digital agar berhasil menangkap sinyal. Rangkaian pemasangan perangkat tv digital memudahkan penggunanya untuk mendapatkan layanan televisi dengan baik.

Antena TV digital merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk menangkap sinyal siaran televisi digital.

Hal ini tentu akan berbeda dengan antena TV analog yang menangkap sinyal analog, antena TV digital menangkap sinyal digital yang lebih jernih dan stabil.

Ada beberapa fungsi utama antena TV Digital yang perlu dipertimbangkan oleh pengguna.

Baca Juga: Simak Cara Mengatasi Sinyal TV Digital Hilang dari Perangkat STB, Intip Penyebabnya

Posko Bantuan STB TV Digital Gratis di Jakarta

Fungsi antena TV digital

Pahami terlebih dulu fungsi dalam memasang antena TV Digital dengan baik dan benar.

  • Media menangkap sinyal digital: Perangkat antena TV digital dirancang khusus untuk menangkap sinyal digital yang dipancarkan oleh stasiun televisi.
  • memperbaiki kualitas gambar: Sinyal digital yang ditangkap oleh antena TV digital menghasilkan gambar yang lebih jernih, stabil, dan bebas gangguan dibandingkan dengan siaran analog.
  • Memperbaiki kualitas suara: Selain gambar, kualitas suara pada siaran TV digital juga lebih jernih dan bebas noise.
  • Untuk mempermudah akses channel yang lebih luas: Dengan antena TV digital, Anda bisa mendapatkan lebih banyak channel TV dibandingkan dengan antena analog.

Terdapat beberapa jenis antena TV digital, seperti Antena indoor cocok digunakan di dalam ruangan, seperti di rumah atau apartemen. Ada juga Antena outdoor dipasang di luar ruangan, seperti di atas atap rumah, dan umumnya memiliki jangkauan sinyal yang lebih luas dibandingkan dengan antena indoor.

Kemudian, ada Antena multi-arah dapat menangkap sinyal dari berbagai arah, sehingga cocok digunakan di daerah dengan banyak stasiun televisi.

Antena terarah hanya dapat menangkap sinyal dari satu arah, sehingga cocok digunakan di daerah dengan satu stasiun televisi utama.

Lalu, bagaimana cara memasang antena tv digital dengan benar? Ikuti panduan dalam pasang antena TV Digital, dirangkum dari Life Wire.

Baca Juga: Sudah Resmi, Siaran TV Analog di Seluruh Indonesia Dimatikan

Cara memasang Antena TV Digital

1. Atur Arah Antena yang Tepat

Anda dapat memasang antena TV digital dalam ruangan adalah mengarahkan antena dengan benar. Anda perlu menaruh antena di satu posisi dan periksa semua saluran TV digital.

Pastikan semua saluran TV menampilkan gambar dan suara yang jelas. Jika masih ada saluran yang tidak muncul, ubah arah antena secara perlahan hingga kualitas tayangan membaik.

2. Posisi Antena Lebih Tinggi dari TV

Saat posisi antena TV indoor lebih tinggi, semakin baik kualitas tayangan yang diterima. Sebaiknya, tempatkan antena lebih tinggi dari TV, misalnya di langit-langit rumah, untuk menangkap sinyal TV digital secara optimal.

Peletakan antena di langit-langit juga menjaga estetika ruangan dan melindungi antena dari perubahan cuaca.

3. Letakkan Antena di Dekat Jendela

Untuk meningkatkan penerimaan sinyal, letakkan antena TV digital di dekat jendela. Posisi ini memungkinkan antena menangkap sinyal dengan maksimal tanpa terhalang tembok atau benda lainnya. Pastikan antena diarahkan dengan benar untuk menghasilkan kualitas tayangan yang optimal.

4. Pakai Perangkat Booster saat Diperlukan

Setelah memasang antena TV digital kualitas tayangan masih buruk, Anda bisa memilih antena booster. Perangkat ini memperkuat sinyal TV sehingga tayangan menjadi lebih jernih.

5. Pastikan Kabel Antena Rapi

Pemasangan antena tv digital juga perlu memperhatikan peletakkan kabel dengan hati-hati. Gulung kabel antena dan ikat dengan pengikat khusus (cable tie) agar tidak berantakan.

Anda juga bisa menggunakan klem untuk menempelkan kabel pada dinding. Meskipun sederhana, langkah ini penting untuk menjaga kerapian tampilan TV dan antena.

Demikian penjelasan terkait panduan memasang antena TV Digital agar berhasil menangkap sinyal dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru