Cara Membedakan Aqua Galon Asli dan Palsu, Waspada Pemalsuan

Senin, 25 Juli 2022 | 13:42 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Membedakan Aqua Galon Asli dan Palsu, Waspada Pemalsuan

ILUSTRASI. Cara Membedakan Aqua Galon Asli dan Palsu, Waspada Pemalsuan


INDUSTRI AIR MINUM - Jakarta. Produk air mineral merek Aqua kemasan galon palsu beredar di masyarakat. Sebelumnya, Aqua kemasan botol juga banyak yang palsu. Simak cara membedakan Aqua galon asli dan palsu agar Anda tidak dirugikan.

Peredaran Aqua galon palsu terkuat setelah kepolisian membongkar pengoplosan atau pemalsuan air mineral tersebut. Praktik pembuatan air mineral Aqua kemasan galon palsu terjadi di Kota Cilegon, Banten.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (22/7/2022), terbongkarnya pemalsuan air mineral Aqua kemasan galon berawal dari petugas yang sedang patroli melihat ada kegiatan pengoplosan isi galon pada 16 Juni 2022. "Petugas melihat ada aktivitas mengisi air galon yang dioplos dari merek satu ke galon kemasan lainnya. Lalu menggunakan tutup galon asli yang dibeli dengan harga per biji Rp 5.000," kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Cilegon Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Tjahyo Untoro.

Satuan Reserse Kriminal Polres Cilegon telah meringkus dan menetapkan lima tersangka dalam kasus Aqua galon palsu tersebut. Tersangka Aqua galon palsu, termasuk otak dari aksi pemalsuan dan pemilik gudang berinisial MB.

Sedangkan empat orang tersangka lainnya, yakni berinisial TH (30), S (33), YR (30), dan SM (30). Keempatnya berperan membersihkan galon dan mengoplos air galon.

Lantas, bagaimana cara membedakan Aqua galon asli dan palsu?

Baca Juga: Danone-AQUA Gandeng Astro untuk Mudahkan Konsumen Memenuhi Kebutuhan Hidrasi

Cara membedakan Aqua galon asli dan palsu

Ihwal adanya kasus pemalsuan air kemasan galon Aqua yang diungkap oleh Polres Cilegon, pihak Aqua mengimbau konsumen untuk teliti sebelum membeli air kemasan galon Aqua. Hal itu untuk memastikan keaslian dan keamanan dari produk yang dibeli.

Communications Director Danone Indonesia (produsen Aqua) Arif Mujahidin menyampaikan sejumlah cara membedakan Aqua galon asli dan palsu.

Cara membedakan Aqua galon asli dan palsu adalah dengan mengenali sejumlah ciri-ciri berikut:

"Ciri pertama, Aqua galon asli tutupnya berwarna kombinasi biru dan putih, pada bagian permukaan tutup Aqua galon terdapat tulisan berlogo Danone AQUA dan lambang AQUA QUALITY COMMITMENT (AQC). Ada kode produksi di tutup galon yang sama kodenya dengan di badan galon pada lekukan ketiga," ujar Arif, kepada Kompas.com, Minggu (24/7/2022) siang.

Pada badan galon di lekukan ketiga setelah bahu galon tersebut, terdapat kode BB, yang bertuliskan print tinta hitam yang menunjukkan tanggal, bulan dan tahun pembuatan. Pastikan cetakan tanggal kedaluwarsa dalam keadaan sempurna, terbaca jelas dan produk tidak kedaluwarsa.

"Pada bagian badan galon terdapat tulisan AQUA timbul, di tengah badan galon terdapat label yang berlogo Danone AQUA," jelas Arif.

Segel galon

Setelah itu, pada bagian segel tutup galon, terdapat model droplet atau tetes air yang digunakan sebagai alur pembuka. Pada saat membuka tutup galon, alurnya dalam keadaan rapi dan tidak seperti sudah dibuka.

Setiap galon Aqua berisi air bersih 19 liter. Pastikan air di dalam galon tampak bening dan tidak berbusa. Selain itu, setiap produk Aqua yang asli tidak mengeluarkan aroma apapun, air terasa segar saat diminum, dan tidak memberikan rasa keset.

Arif berpesan kepada konsumen untuk mencegah praktik pemalsuan Aqua, yakni dengan merusak tutup galon setelah dibuka agar tutup tak dapat digunakan lagi. Kemudian, saat menuang ke dispenser, jangan menyentuh leher botol.

Cara membedakan Aqua botol asli dan palsu

Aqua botol juga tak lepas dari pemalsuan. Cara membedakan Aqua botol asli dan palsu juga bisa dikenali dari sejumlah ciri-ciriny

Arif juga menyampaikan sejumlah ciri-ciri Aqua botol asli, berikut selengkapnya:

  • Botol kemasan yang dibeli dalam keadaan bersih.
  • Label botol dalam keadaan lengkap, tidak robek, dan kotor Air di dalamnya tampak bening dan tidak berbusa
  • Cetakan tanggal kadaluwarsa dalam keadaan sempurna, terbaca jelas, dan produk tidak kadaluwarsa
  • Tutup botolnya/capnya dalam keadaan bersih, tertutup rapat dan tidak ada penghubung (bridge) yang terputus antara tutup botol bagian atas dengan bagian bawahnya
  • Kode yang tercantum pada tutup/cap dan botol sama
  • Pada saat Anda membuka tutup botol, terdengar bunyi "kreek" dari tutupnya. Itu tandanya tutup botol sebelumnya dalam keadaan baru
  • Setelah dibuka, air Aqua tidak mengeluarkan aroma apapun
  • Saat dicicipi, air Aqua berasa segar dan tidak memberikan rasa keset.

Itulah cara membedakan Aqua galon asli dan palsu. Cermati sebelum membeli, agar tidak tertipu produk palsu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ciri-ciri Aqua Galon dan Botol Aqua Asli",


Penulis : Dandy Bayu Bramasta
Editor : Rizal Setyo Nugroho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru