Cara membuat masker wajah dari bahan alami, tanpa ribet

Selasa, 16 November 2021 | 07:34 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara membuat masker wajah dari bahan alami, tanpa ribet

ILUSTRASI. Anda bisa mempraktikkan cara membuat masker wajah dengan memanfaatkan bahan alami.


KESEHATAN - JAKARTA. Cara membuat masker wajah bisa Anda lakukan dengan mudah. Bahkan, bahan-bahan alami yang bisa Anda pakai pun beragam. Dengan rutin memakai masker wajah, kesehatan kulit Anda bisa selalu terjaga sehingga terhindar dari berbagai jenis masalah kulit.

Salah satu keuntungan memakai masker wajah yang dibuat sendiri adalah Anda bisa memantau bahan-bahan apa saja yang Anda pakai. Namun, bukan berati tidak ada risiko rekasi alergi atau iritasi kulit sama sekali, ya.

Anda masih bisa mengalami hal itu. Makanya, penting bagi Anda untuk mencoba masker atau berkonsultasi dulu dengan dokter. Apabila tidak ada masalah yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian masker wajah alami secara teratur.

Alpukat, Madu, Oatmeal

Mengutip dari Balance (balance.media), alpukat, madu, dan oatmeal adalah kombinasi bahan alami yang efektif menghidrasi kulit secara maksimal. Dengan begitu, kulit menjadi lebih lembut dan terlihat awet muda.

Pertama, haluskan ½ alpukat matang lalu tambahkan 1 sdm madu dan segenggam oatmeal. Aduk rata kemudian oleskan pada seluruh area wajah. Anda perlu mendiamkannya dulu selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Baca Juga: Pakai bahan alami, coba 4 cara menghilangkan flek hitam ini, yuk

Putih Telur, Madu, Lemon

Cara membuat masker wajah bisa memakai putih telur.

Cara membuat masker wajah berikutnya adalah dengan mencampur 1 putih telur, 1 sdm madu, dan air perasan 1 lemon. Oleskan ke wajah selama 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Rutin memakai bahan-bahan tersebut akan mengecilkan pori-pori dan membuat kulit lebih kencang.

Yogurt, Madu, Cokelat, Pisang

Balance menyebutkan bahwa cokelat dipenuhi dengan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Pisang, yogurt, dan madu juga memiliki segudang vitamin dan mineral sehingga mampu memaksimalkan manfaat cokelat tersebut.

Pertama, tumbuk ¼ pisang matang sampai halus. Selanjutnya, tambahkan 1 sdm yogurt, 1 sdt madu, dan 2 sdm cokelat bubuk. Aduk rata hingga berbentuk pasta kemudian aplikasikan ke wajah dan leher. Diamkan selama 10-20 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan komedo yang aman untuk kulit Anda

Madu, Kunyit, Garam

Madu dan bahan alami yang lain bisa Anda pakai sebagai cara membuat masker wajah.

Selanjutnya, cara membuat masker wajah juga bisa Anda coba dengan madu, kunyit, dan garam. Antiinflamasi dalam kunyit akan mengatasi kemerahan di kulit. Selain itu, rutin memakai kombinasi bahan alami itu juga efektif mencerahkan warna kulit.

Anda perlu mencampur 1 sdm madu, 1 sdt bubuk kunyit, dan ½ sdt garam terlebih dahulu. Setelah teraduk rata, aplikasikan ke kulit lalu diamkan dulu selama minimal 15 menit. Kemudian, bersihkan memakai handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Selanjutnya: Masker untuk kulit kering bisa Anda buat dari 5 bahan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru