Cara mencegah penularan virus corona di tengah kerumunan banyak orang

Selasa, 16 Februari 2021 | 11:35 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mencegah penularan virus corona di tengah kerumunan banyak orang

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Di tengah pandemi corona seperti saat ini, berada di kerumunan orang merupakan hal berisiko terhadap penularan virus corona. Pasalnya, bisa saja orang tanpa gejala (OTG) terinfeksi virus corona berada di kerumunan tersebut. Lalu bagaimana mencegah penularan virus corona saat berada di kerumunan massa?

Penularan utama Covid19 terjadi lewat droplet atau tetesan air yang keluar saat bersin, batuk, atau berbicara. Itu sebabnya, kita disarankan memakai masker, rutin mencuci tangan, dan menerapkan physical distancing.

Kita juga dilarang untuk berkerumun demi meminimalisir penularan Covid-19. Apalagi, 80 persen penularan Covid-19 berasal dari orang tanpa gejala (OTG). Jadi, kita tidak bisa mengetahui pasti siapa yang terpapar virus tersebut.

Apa yang harus kita lakukan jika tanpa sengaja berada di dekat orang yang terinfeksi virus Corona?

Menurut pakar pengobatan keluarga dari Cleveland Clinic Neha Vyas, risiko kita tertular saat berada di dekat orang yang positif Covid-19 tergantung dari protokol kesehatan yang kita lakukan. Peluang kita tertular Covid-19 sangat kecil jika melakukan sejumlah pencegahan.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah penularan virus corona saat di tempat umum:

  • Kita dan orang yang positif Covid-19 sama-sama memakai masker saat berinteraksi.
  • Melakukan physical distancing sekitar dua meter satu sama lain.
  • Mencuci tangan setelah berinteraksi.

Baca juga: Ini persiapan pemerintah untuk ajak swasta lakukan vaksin Covid-19 mandiri

Jika kita salah satu dari hal tersebut tidak kita lakukan, maka risiko terinfeksi akan lebih tinggi. Meski demikian, tidak ada jaminan kita pasti aman dari virus Corona. Banyak hal yang memengaruhi kemungkinan seseorang tertular Covid-19.

Editor: Adi Wikanto


Terbaru