Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak lewat 6 Bahan Alami

Jumat, 05 April 2024 | 11:24 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak lewat 6 Bahan Alami

ILUSTRASI. Kulit Wajah Berminyak lewat 6 Bahan Alami


KESEHATAN - JAKARTA. Cara mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah menggunakan bahan alami dapat menjadi solusi efektif. Dengan penggunaan yang teratur, produksi minyak kulit dapat dikurangi, sehingga masalah seperti jerawat dan komedo dapat diatasi.

Kulit wajah yang berminyak adalah kondisi di mana kelenjar minyak pada kulit menghasilkan sebum secara berlebihan. Sebum adalah cairan alami yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan dan perlindungan kulit.

Pada kulit yang berminyak, produksi sebum lebih banyak dari yang diperlukan, yang dapat disebabkan oleh faktor genetik, perubahan hormon, pola makan, perawatan kulit yang tidak tepat, atau lingkungan.

Beberapa ciri khas kulit wajah berminyak meliputi tampilan mengkilap, pori-pori membesar, jerawat, komedo, kesulitan makeup menempel, dan sensasi berat atau kotor pada kulit.

Meskipun banyak produk perawatan kulit berminyak di pasaran, beberapa di antaranya dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Alasannya karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Untuk mengatasi hal itu, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami.

Baca Juga: 6 Resep Bahan Alami untuk Cuci Muka Tanpa Khawatir Bahan Kimia

Ramuan bahan alami pilihan

Wajah berminyak

Selain mudah didapat, cara memakai bahan-bahan alami bisa Anda coba dari rumah dilansir dari laman Healthline.

1. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya bisa menjadi solusi untuk mengatasi kelebihan minyak pada kulit wajah. Selain mengatur produksi minyak, sifat antimikroba dalam gel lidah buaya juga efektif dalam mengobati jerawat. Cukup aplikasikan gel lidah buaya pada kulit dua hingga tiga kali sehari.

2. Timun

Timun juga direkomendasikan oleh School of Botanical and Medical Aesthetics untuk mengatasi kulit berminyak. Kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium, timun efektif dalam mengontrol produksi minyak.

Caranya cukup sederhana, iris timun menjadi potongan kecil dan gosokkan pada kulit wajah sebelum tidur. Bilas wajah dengan air hangat di pagi hari.

3. Air Lemon

Campuran air lemon dan air suling bisa menjadi kompres yang cocok untuk pemilik kulit berminyak. Oleskan campuran tersebut pada kulit wajah selama 10 menit menggunakan kapas, lalu bilas dengan air.

Air lemon

4. Madu

Madu tidak hanya enak untuk dimakan, tetapi juga dapat mengurangi produksi minyak kulit. Oleskan madu pada wajah dan biarkan selama 10 menit atau sampai mengering. Bersihkan wajah dengan air hangat setelahnya.

5. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dan astringen alami yang membantu mengatur produksi minyak pada kulit. Anda bisa menggunakan kantong teh hijau yang sudah dipakai sebagai kompres dingin pada wajah secara teratur.

6. Masker Pisang

Pisang juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit berminyak dengan mencampurnya dengan susu dan oatmeal. Tumbuk satu buah pisang matang hingga halus, tambahkan 1 sendok makan susu dan 2 sendok makan oatmeal, lalu gosokkan pada wajah selama lima menit. Biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air.

Perawatan untuk kulit wajah berminyak meliputi pembersihan teratur, penggunaan produk yang sesuai dengan jenis kulit, penggunaan pelembap ringan yang tidak menyebabkan kulit lebih berminyak, dan rutin menggunakan bahan yang membantu mengontrol produksi minyak.

Itulah beberapa bahan alami di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada kulit wajah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru