Cara menghilangkan bruntusan bisa pakai 5 bahan ini

Sabtu, 10 Juli 2021 | 11:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara menghilangkan bruntusan bisa pakai 5 bahan ini

KONTAN.CO.ID - Cara menghilangkan bruntusan perlu segera Anda lakukan. Apalagi jika bruntusan muncul di kening atau bagian tubuh lain yang mudah terlihat. Meski tak mengganggu kesehatan, masalah kulit itu bisa mengganggu penampilan.

Bruntusan bisa muncul akibat kebersihan kulit yang tidak terjaga. Minyak berlebih yang bercampur dengan kotoran membuat pori-pori kulit mengalami inflamasi sehingga bruntusan pun Anda alami.

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari pun bisa menimbulkan masalah kulit yang sama. Untuk mengatasi masalah itu, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan.

Namun, pastikan untuk melakukan uji coba dulu, ya. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian bahan-bahan ini:

Baca Juga: Efektif, inilah 5 masker untuk jerawat dari bahan alami

Putih telur dan lemon

Cara menghilangkan bruntusan yang pertama adalah dengan memanfaatkan putih telur. Bahan alami itu mampu mengurangi produksi minyak di kulit sehingga risiko kemunculan bruntusan dapat berkurang.

Selain itu, putih telur juga mengandung banyak vitamin A yang efektif mengencangkan kulit.

Pertama-tama, kocok telur lalu tambahkan air perasan setengah lemon supaya efeknya lebih terasa. Aplikasikan campuran itu pada area kulit yang bruntusan kemudian tutup dengan tisu.

Selanjutnya, aplikasikan putih telur dan lemon lagi di atasnya. Tunggu hingga kering, lalu bersihkan wajah.

Baca Juga: Gunakan 5 bahan alami ini untuk mengatasi wajah berminyak

Tomat

Salah satu cara menghilangkan bruntusan adalah dengan tomat.

Mengutip dari Top 10 Home Remedies, tomat berguna untuk mengatasi bruntusan karena mengandung astringen alami dan antioksidan.

Aplikasikan tomat matang yang sudah dihaluskan pada area bruntusan. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Baca Juga: 4 Manfaat daun sirih, bisa jadi obat sakit kepala

Oatmeal, madu, lemon

Cara menghilangkan bruntusan berikutnya adalah dengan membersihkan sel kulit mati. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama-tama, campur 2 sdm oatmeal, 2 sdt madu, 2 sdt air lemon, dan sedikit air. Aduk rata hingga berbentuk pasta lalu aplikasikan pada wajah yang bruntusan selama 15 menit. 

Setelah itu, gosok wajah secara perlahan menggunakan tangan yang sudah dibasahi dengan air lalu bilas dengan air.

Top 10 Home Remedies merekomendasikan Anda untuk pakai pelembab yang biasa Anda gunakan. Anda bisa melakukan cara tersebut satu hingga dua kali dalam seminggu.

Selanjutnya: 5 Cara bebas bruntusan wajah berbahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru