Cara menghilangkan flek hitam di kulit wajah secara mudah, tanpa ke klinik kecantikan

Rabu, 13 Oktober 2021 | 05:10 WIB Sumber: Kompas.com
Cara menghilangkan flek hitam di kulit wajah secara mudah, tanpa ke klinik kecantikan


KESEHATAN - Jakarta. Simak cara menghilangkan flek hitam di wajah. Cara menghilangkan flek hitam ini bisa dilakukan secara mudah tanpa harus ke dokter atau klinik kecantikan.

Ada beragam produk kecantikan berbentuk krim yang bisa menghilangkan flek hitam di wajah. Selain dengan krim kecantikan, cara menghilangkan flek hitam di wajah bisa dilakukan dengan cara mudah.

Dark spots atau flek hitam sering juga disebut dengan hiperpigmentasi. Flek hitam adalah kondisi dimana kulit wajah kita terdapat beberapa bintik-bintik hitam atau pun cokelat.

Flek hitam memang tidak berbahaya. Namun, kondisi ini sering dikeluhkan karena dapat mengganggu penampilan sehingga berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri seseorang. Alasan utama munculnya flek hitam adalah karena kondisi peradangan yang merusak sel-sel kulit dan melepaskan pigmen ke tingkat kulit yang lebih dalam.

Namun sebelum mengetahui cara menghilangkan flek hitam di wajah, mari kita kenali penyebabnya. Diberitakan Kompas.com, penyebab utama flek hitam adalah sinar ultraviolet dari pancaran matahari. 

Sinar matahari  dapat membuat flek hitam jadi lebih gelap dan lebih mudah dilihat. Kondisi ini lebih mungkin terjadi jika memiliki kulit terang. Terlalu banyak sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit menjadi:

  • Kecokelatan
  • Terjemur
  • Bernoda kotor

Melansir The Health Site, inilah cara sederhana untuk membantu menghilangkan flek hitam pada kulit wajah:

1. Mulai gunakan sunscreen

Cara pertama menghilangkan flek hitam di wajah adalah mulai menggunakan sunscreen. Seseorang yang mengetahui tentang perawatan kulit pasti tahu bahwa memakai sunscreen adalah suatu keharusan dalam setiap rutinitas kita.

Seperti diketahui, paparan sinar matahari dapat menyebabkan respons melanin dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kulit menggelap karena sinar matahari. Namun hal ini juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi, yang menyebabkan bintik-bintik gelap.

Mengaplikasikan sunscreen ke rutinitas perawatan kulit kita adalah cara yang efektif untuk mencegah pembentukan bintik hitam karena matahari.

Baca juga: Penting untuk orang tua, ini cara menghilangkan kecanduan hp pada anak

2. Tetap terhidrasi

Cara kedua menghilangkan flek hitam di kulit wajah adalah dengan mencegah kekeringan atau tetap terhindrasi. Salah satu alasan utama kulit seseorang memunculkan bintik hitam adalah karena mengalami dehidrasi.

Tidak minum cukup air membuat tubuh kita beresiko mengalami banyak masalah kulit, termasuk bintik hitam. Jadi, mengonsumsi air yang cukup dapat bertindak sebagai penghalang alami untuk masalah kulit seperti bintik hitam dan membantu kita mendapatkan kulit yang bersih.

3. Antioksidan adalah suatu keharusan

Cara ketiga menghilangkan flek hitam di kulit wajah adalah rutin konsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan. Korektor bintik hitam sering diformulasikan dengan antioksidan untuk meminimalkan munculnya bintik hitam.

Ini dikarenakan antioksidan dapat meningkatkan produksi kolagen dan membantu mencegah pigmentasi kulit abnormal. Ini juga membantu menghambat tirosinase, enzim yang bertanggung jawab untuk produksi melanin.

4. Eksfoliasi kulit dengan pepaya

Cara keempat menghilangkan flek hitam di kulit wajah adalah memanfaatkan pepaya. Pepaya mengandung asam alfa-hidroksi, sejenis asam yang digunakan untuk kulit kering dan beberapa produk anti-penuaan.

Pepaya dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan kusam, serta memperlihatkan sel-sel kulit yang sehat. Eksfoliasi atau pengelupasan kulit dengan pepaya akan membantu menghilangkan partikel-partikel mati dan membantu mencerahkan kulit secara alami.

Yang perlu kita lakukan untuk menghilangkan flek hitam sangatlah sederhana yaitu, menumbuk pepaya matang dan mengoleskannya ke kulit. Lalu, cuci wajah menggunakan gerakan melingkar yang lembut untuk hasil yang efektif.

 

5. Manfaatkan kunyit

Cara kelima menghilangkan flek hitam di kulit wajah adalah menggunakan kunyi. Di antara semua rempah-rempah, kunyit adalah salah satu rempah yang paling umum digunakan dalam pengobatan Timur karena khasiat penyembuhannya.

Hal ini dikarenakan kunyit mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang digunakan untuk mengobati jerawat, mengurangi bekas jerawat, memerangi radikal bebas dan mencerahkan hiperpigmentasi. Cara menghilangkan flek hitam dengan kunyit adalah, cukup oleskan kunyit yang dicampur dengan air pada area yang terdapat bintik-bintik hitam.

6. Jangan lewatkan penggunaan krim malam

Terakhir, cara menghilangkan flek hitam di kulit wajah adalah rutin menggunakan krim malam. Perlu diketahui bahwa kulit biasanya memperbaiki dan meremajakan saat kita tidur. Mengaplikasikan krim malam akan memungkinkan vitamin yang tepat, mencapai sel-sel kulit dan bersinar dari dalam.

Beberapa bahan dalam krim malam yang dapat membantu meringankan bintik hitam antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin B12, dan vitamin E.

Itulah beberapa langkah sebagai cara menghilangkan flek hitam di kulit wajah secara mudah. Selamat mencoba.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Tips Sederhana Atasi Flek Hitam",


Penulis : Intan Pitaloka
Editor : Wisnubrata

 

Selanjutnya: Daftar makanan dan minuman pantangan penderita asam urat

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru