Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat, Waspadai Efek Asam Urat Tinggi

Sabtu, 17 Juni 2023 | 05:20 WIB Sumber: Kementerian Kesehatan RI
Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat, Waspadai Efek Asam Urat Tinggi


Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi. Kenali cara menurunkan asam urat tinggi. Apa saja efek asam urat tinggi jika tidak diturunkan?

Cara menurunkan asam urat tinggi penting diketahui. Pasalnya, efek asam urat tinggi bisa menyebabkan beragam gangguan kesehatan.

Dilansir dari website resmi Kementerian Kesehatan (Kemkes), penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Penyakit asam urat dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

Sering kali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Baca Juga: Efek Asam Urat Tinggi untuk Kesehatan, Bagaimana Cara Menurunkan Asam Urat?

Cara menurunkan asam urat tinggi

Website Kemkes menyatakan, cara menurunkan asam urat tinggi dengan pemberian obat asam urat. Namun, pemberian obat asam urat ini akan disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakitnya. Obat-

obatan yang diberikan berfungsi untuk meredakan nyeri sekaligus mencegah serangan asam urat di masa mendatang. Selain penggunaan obat-obatan, dokter juga akan merekomendasikan perubahan gaya hidup.

Hal ini bertujuan untuk membantu mengelola gejala asam urat sekaligus mengurangi risiko serangan asam urat di masa depan.

Selain dengan obat, cara menurunkan asam urat tinggi dapat dilakukan dengan perubahan gaya hidup sebagai berikut:

· Kurangi asupan alkohol.

· Menurunkan berat badan, jika kamu kelebihan berat badan.

· Berhenti merokok, jika kamu merupakan perokok.

Cara mencegah asam urat

Beberapa perubahan gaya hidup diyakini dapat membantu menurunkan risiko penyakit asam urat, yaitu:

· Minum banyak air untuk membantu ginjal berfungsi lebih baik dan menghindari dehidrasi.

· Berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan yang sehat. Sebab, berat badan ekstra meningkatkan asam urat dalam tubuh dan memberi lebih banyak tekanan pada persendian.

· Menghindari penggunaan obat-obatan tertentu. Misalnya seperti obat-obatan yang bersifat diuretik atau imunosupresan.

· Membatasi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan zat purin tinggi. Misalnya seperti daging merah, minuman beralkohol, hingga makanan dan minuman tinggi fruktosa.

· Konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah yang memiliki antioksidan tinggi.

Efek asam urat tinggi

Serangan asam urat umumnya terjadi pada area sendi, seperti jempol kaki, pergelangan kaki, siku, hingga pergelangan tangan. Namun, rasa sakit di sekitar persendian belum tentu disebabkan karena asam urat.

Dirangkum dari website resmi Kementerian Kesehatan, efek asam urat tinggi bisa membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, penderita harus segera menurunkan kadar asam urat kembali ke level normal.

Efek asam urat tinggi diantaranya adalah tophi, kerusakan sendi, batu ginjal hingga diabetes. Tak hanya itu, akibat asam urat tinggi menyebabkan sumbatan di pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung koroner.

Itulah cara menurunkan asam urat tinggi dan efek asam urat tinggi yang harus diwaspadai. Segera hubungi dokter jika merasakan gejala asam urat tinggi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru