Cara menurunkan berat badan secara cepat tanpa membahayakan kesehatan

Senin, 24 Mei 2021 | 12:15 WIB Sumber: Kompas.com
Cara menurunkan berat badan secara cepat tanpa membahayakan kesehatan


TIPS & TRIK - Jakarta. Banyak cara menurunkan berat badan dalam waktu cepat. Namun, terkadang cara menurunkan berat badan dalam waktu cepat tersebut bisa merugikan kesehatan. Lalu bagaimana cara menurunkan berat badan dalam waktu cepat yang aman bagi kesehatan?

Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Banyak orang melakukan beragam cara menurunkan berat badan agar bisa mencapai berat ideal secara sekejap, tanpa mempelajari terlebih dahulu risiko yang mungkin bisa dihadapinya.

Memang, menurunkan berat badan dalam jangka waktu satu minggu bisa dilakukan. Namun, cara ini tidak disarankan oleh para ahli kesehatan.

Dilansir dari Healthline dan Medical News Today, secara teknis, kita bisa menurunkan berat badan hingga 4,5 kg dalam jangka waktu satu minggu. Namun, hal ini sangat berisiko apabila tidak diawasi oleh tenaga kesehatan.

Beberapa risiko yang mungkin dihadapi karena menurunkan berat badan secara drastis meliputi peningkatan batu empedu, dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, sakit kepala, lelah, dan terganggunya siklus haid. Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan yang disarankan?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, jumlah penurunan berat badan yang aman adalah sekitar 1 hingga 2 pon atau setara dengan 0,5 kg hingga 1 kg per minggu. Namun, hasilnya akan berbeda pada tiap individu tergantung pola dan kondisi tubuh masing-masing.

Baca juga: 6 Manfaat petai cina untuk kesehatan: menurunkan berat badan sampai gula darah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dalam waktu seminggu secara aman. Berikut kombinasi cara menurunkan berat badan dalam waktu seminggu secara aman.

1. Kurangi konsumsi karbohidrat

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan aman dalam waktu seminggu adalah dengan mengurangi gula dan pati, atau karbohidrat. Cara menurunkan berat badan ini bisa dilakukan dengan pola makan rendah karbohidrat dan menggantinya dengan biji-bijian.

Menurut sebuah studi berjudul “The Effects of a Low-Carbohydrate Ketogenic Diet and a Low-Fat Diet on Mood, Hunger, and Other Self-Reported Symptoms”, diet rendah karbohidrat akan menurunkan rasa lapar sehingga konsumsi kalori pun menjadi rendah.

Di samping itu, konsumsi makanan karbohidrat kompleks dan rendah kalori, seperti biji-bijian, akan mendapat membuat kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan, kandungan serat yang tinggi pada biji-bijian dan waktu mencerna yang lama.

Cara ini pun terbukti dapat menurunkan berat badan. Sebuah publikasi berjudul “Effects of weight loss during a very low carbohydrate diet on specific adipose tissue depots and insulin sensitivity in older adults with obesity: a randomized clinical trial” menunjukkan bahwa diet karbohidrat memang terbukti dapat menurunkan berat badan pada orang lansia. Namun, sampai saat ini belum ada penelitian komprehensif mengenai dampak jangka panjang dari diet ini.

Simak cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan aman dalam waktu seminggu di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru