Cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, konsumsi buah ini

Sabtu, 08 Mei 2021 | 04:10 WIB Sumber: Kompas.com
Cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, konsumsi buah ini


KESEHATAN - Jakarta. Ada beragam obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, cara menurunkan tekanan darah tinggi juga bisa dilakukan secara alami, yakni dengan konsumsi sejumlah buah-buahan secara rutin.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah faktor risiko paling umum dari penyakit jantung dan ini dapat dicegah. Sejumlah pengobatan biasanya digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Namun, perubahan gaya hidup adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menurunkan tekanan darah. Salah satu perubahan gaya hidup yang bisa dilakukan adalah mengubah pola makan.

Penelitian menunjukkan bahwa menyertakan makanan dengan kandungan tertentu ke dalam pola makan kita bisa membantu menurunkan tekanan darah, seperti kalium dan magnesium. Kandungan-kandungan yang menyehatkan jantung juga bisa ditemukan lewat buah-buahan.

Baca juga: Sayur dan buah yang bisa meningkatkan kesehatan jantung

Berikut beberapa pilihan buah penurun tekanan darah:

1. Delima

Delima juga termasuk buah penurun tekanan darah tinggi. Menurut temuan sebuah studi tahun 2012, minum secangkir jus delima setiap hari selama 28 hari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dalam jangka pendek.

Para peneliti menduga efek ini didapatkan karena kandungan antioksidan yang tinggi di buah ini. Untuk mengonsumsinya, kita bisa memakannya sebagai buah utuu biasa atau dibuat jus. Namun, ketika minum jus, -berlaku juga untuk jus buah lain, pastikan tidak ada tambahan gula.

2. Beri

Buah penurun tekanan darah tinggi lainnya adalah beri. Buah beri kerap dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk kemampuannya untuk menurunkan faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Buah beri kaya akan antioksidan, termasuk antosianin, pigmen yang memberikan warna cerah pada buah beri. Antosianin terbukti dapat membantu meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah dan mengurangi produksi molekul pembatas pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

Namun, masih diperlukan penelitian lebanyak terhadap manusia untuk mengkonfirmasi mekanisme potensial ini. Beberapa contoh buah beri seperti blueberry, raspberry, chokeberry, cloudberry, dan stroberi.

Simak daftar buah-buahan lain untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru