Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas dan Suhu Ruang biar Tetap Segar

Jumat, 14 Januari 2022 | 13:39 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas dan Suhu Ruang biar Tetap Segar

ILUSTRASI. Cara menyimpan sayuran di kulkas.

KONTAN.CO.ID- Cara menyimpan sayuran di kulkas perlu diketahui di masa pandemi Covid-19. Sebab, di masa pandemi Covid-19, masyarakat dianjurkan untuk meminimalisir berpergian dan berkerumun. Termasuk, berbelanja ke pasar atau swalayan. 

Untuk itu, membeli sayuran dalam jumlah banyak sekaligus untuk stok selama berhari-hari atau berminggu-minggu bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan. 

Untuk itu, cara menyimpan sayuran di kulkas agar tetap segar perlu diketahui oleh masyarakat. Namun, perlu diketahui bahwa cara menyimpan sayuran di kulkas berbeda-beda tergantung jenis sayurnya. 

Selain itu, ada beberapa sayuran yang lebih baik tidak dimasukkan ke dalam kulkas. Lantas, bagaimana cara menyimpan sayur segar di kulkas yang benar? 

Baca Juga: Inilah Vitamin yang Bisa Mengatasi Berbagai Masalah Rambut

Cara menyimpan sayuran di kulkas dan suhu ruang

Cara menyimpan sayuran di kulkas

Dirangkum dari laman Unlockfood dan Food and Wine, berikut adalah cara menyimpan sayuran di kulkas berdasarkan jenis sayur:

1. Cara menyimpan sayuran hijau 

Cara menyimpan sayuran hijau di kulkas seperti bayam, sawi hijau, bok choy, dan kangkung adalah dicuci terlebuih dahulu. Lalu, keringkan dan bungkus dengan tisu. Kemudian masukkan ke dalam plastik tertutup atau klip.

Cara menyimpan sayur bayam di kulkas dan sayuran hijau lainnya seperti itu dapat menjaga kesegarannya setidaknya satu hingga dua minggu. 

2. Cara menyimpan wortel di kulkas

Cara menyimpan wortel di kulkas adalah bungkus dengan tisu atau kertas yang agak lembap. Jangan lupa untuk melepaskan daunnya terlebih dahulu. Cara menyimpan wortel di kulkas seperti itu dapat membuatnya tahan selama tiga hingga empat minggu. 

Sementara itu, cara menyimpan buah bit di kulkas adalah membungkusnya dengan handuk basah dan bersih tanpa ada daun di buahnya. Hal itu bisa membuat buah bit bertahan sekitar 10 hingga 14 hari.  

Baca Juga: 6 Makanan yang Dapat Membangun Kolagen dan Elastin, Kulit Jadi Awet Muda

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru