Cara Mudah Mencari Pekerjaan Sampingan, Gunakan Clickworker Saja

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:58 WIB Sumber: TribunNews.com,Kompas.com
Cara Mudah Mencari Pekerjaan Sampingan, Gunakan Clickworker Saja

ILUSTRASI. Cara Mudah Mencari Pekerjaan Sampingan, Gunakan Clickworker Saja


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Anda ingin mencari pekerjaan sampingan? Coba saja gunakan Clickworker untuk mencari pekerjaan sampingan. Berikut cara mencari pekerjaan sampingan dengan menggunakan Clickworker yang bisa Anda coba.

Mengutip Tribunnews.com. Clickworker adalah sebuah layanan kerja lepas yang di dalamnya memuat beberapa tugas yang bisa menghasilkan uang. Mereka yang melakukan tugas tersebut disebut juga Clickworkers.

Clickworker bisa memberikan pekerjaan sampingan bagi mereka yang suka menulis, menerjemahkan, meneliti, dan memproses data dari seluruh dunia.Clickworker menyediakan tugas digital untuk pekerja Internet terdaftar.

Sama seperti agensi lain, Clickworker diharuskan untuk mendaftar sebelum memulai pekerjaannya.  Meski menjanjikan pendapatan, namun pengelola platform kerja lepas ini mengingatkan bahwa Clickworker bukan pengganti pekerjaan waktu penuh. Proyek maupun tawaran yang dikerjakan mendapatkan pendapatan bulanan yang bervariasi tak dapat dijamin.

Clickworkers bisa memilih tugas mana yang ingin dilakukan. Tugas yang tersedia bervariasi sesuai dengan penilaian kualifikasi, penilaian pekerjaan sebelumnya, pendidikan, kemampuan bahasa, dan minat. Jadi, antar Clickworkers mempunyai tawaran pekerjaan yang berbeda.

Clickworker mempunyai beberapa tugas yang bisa dikerjakan secara terpisah. Sehingga menawarkan fleksibilitas bagi Clickworkers.

Baca Juga: Lowongan Kerja Freeport 2022 Masih Dibuka, Penempatan Gresik, Jawa Timur

Selain bisa dikerjakan di tempatmu tinggal, setiap orang juga bisa mendaftar Clickworker.

Jenis pekerjaan sampingan di Clickworker

Ada beberapa jenis pekerjaan sampingan yang tersedia Clickworkers yaitu:

1. Data Entry

Pekerjaan ini akan meminta Clickworkers memilah kategori dan indeks data dalam jumlah besar. Tugasnya bisa berupa menandai video, konten audio, dan gambar untuk memilahnya. Bisa juga memvalidasi data dengan cara menguji informasi online atau melakukan riset secara online.

2. Survei

Jenis survey yang akan tersedia untuk freelancer tergantung pada kriteria yang ditentukan oleh klien.

3. Tester Aplikasi

Pekerjaannya yakni menguji aplikasi. Pengguna yang memiliki smartphone atau tablet Android maupun produk dari Apple bisa mengerjakan tugas ini. Pekerjaannya yakni dengan cara menginstal aplikasi, mencobanya, lalu memberikan feedback atau review tentang aplikasi.

4. Mystery Photography

Tugasnya tak jauh dari shopping atau berbelanja. Misalnya, Clickworkers harus memotret suatu toko atau restoran untuk memastikan alamatnya. Clickworkers juga bisa menyediakan informasi terbatu tentang promo suatu toko.

5. Translation

Menterjemahkan teks pendek dari berbagai bahasa di dunia. Clickworkers yang fasih berbagai bahasa bisa mendapatkan banyak pekerjaan seperti ini.

6. Writing

Menulis teks untuk online marketing, seperti menulis deskripsi produk atau mengatur kategori produk untuk klien e-commerce

7. Proofreading

Tugas ini fokus pada perbaikan ejaan, tata bahasa, dan gaya tulisan suatu karya tulis. Atau memastikan bahwa penulis mengikuti arahan tertentu yang ditentukan.

8. Copy editing

Tugas editor memastikan bahwa penulis menulis sesuai dengan arahan. Untuk mengerjakan tugas ini, harus memperhatikan detail dan fokus pada kualitas tulisan. Karya tulis yang akan diedit harus sudah diperbaiki tata bahasa dan ejaannya.

Gaji pekerjaan sampingan Clickworker

Tentunya, setiap pekerjaan di Clickworker akan mendapatkan imbalan yang bervariasi. Besar dari imbalan yang diberikan mulai dari 0.15-3 euro.

Untuk bergabung di Clickworker, minimal berusia 18 tahun. Setelah mendaftar, Clickworkers harus mengisi informasi dasar dengan benar agar nantinya bisa dikelompokan dalam peminatan tugas yang berbeda.

Clickworker menerapkan sistem rating dalam menilai pekerjaan. Sistem terbut digunakan untuk menilai apakah sebuah tugas dilakukan secara bersungguh-sungguh atau tidak.

Mereka yang mendapatkan rating tinggi akan mudah untuk mendapatkan tugas di kemudian hari. Jadi, mempertahankan rating sangat mempengaruhi pendapatan. Imbalan tersebut bisa diambil jika sudah mencapai batas minimum pengambilan di akun PayPal.

Cara mendaftar dan mencari pekerjaan di Clickworker

Dilansir dari Kompas.com, begini cara mendaftar dan mencari pekerjaan di Clickworker:

1. Akses https://www.clickworker.com/ di laptop/PC atau ponsel Anda.

2. Klik Sign Up, untuk mendaftar atau Login apabila sudah punya akun.

3. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke kolom pendaftaran sebagai berikut:

Langkah pertama: isi data diri, mulai dari nama, nama lengkap, usename, alamat e-mail hingga password

Langkah kedua: isi tanggal lahir, asal negara, alamat tempat tinggal, hingga nomor ponsel Anda dan lakukan centang

4. Setelah itu kunjungi alamat e-mail untuk melakukan verifikasi akun.

5. Pendaftaran selesai, dan Anda bisa langsung login Clickworker untuk mencari pekerjaan sampingan.

Itulah cara mencari pekerjaan sampingan melalui Clickworker. Selamat mencoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru