Cara mudah mengatasi kulit kering, pakai 6 bahan alami ini

Jumat, 11 Juni 2021 | 13:46 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara mudah mengatasi kulit kering, pakai 6 bahan alami ini

ILUSTRASI. Cara mengatasi kulit kering bisa Anda lakukan dengan alpukat dan bahan alami yang lain.


KESEHATAN - Sama seperti tipe kulit lain, ada banyak masalah kulit yang dialami oleh pemilik tipe kulit kering. Maka dari itu, cara mengatasi kulit kering perlu Anda lakukan dengan benar. Salah satunya, dengan memanfaatkan bahan alami.

Sebenarnya, ada banyak produk khusus kulit kering yang dijual di pasaran. Sayangnya, kebanyakan produk tersebut mengandung alkohol dan pewangi. Jika digunakan secara terus-menerus, kandungan dalam produk itu bisa mengiritasi kulit.

Meski bahan alami terasa lebih aman, Anda tetap perlu melakukan uji coba dulu, ya. Kalau perlu, cobalah berkonsultasi dengan dokter sebelum memakai bahan-bahan alami ini secara rutin.

Dengan begitu, Anda bisa memilih bahan alami mana yang tepat digunakan.

Alpukat dan minyak zaitun

Laman Everyday Health merekomendasikan Anda untuk mengatasi kulit kering dengan alpukat dan minyak zaitun. Jika kulit Anda sangat kering, coba tambahkan madu dalam kombinasi bahan alami tersebut.

Anda perlu menghaluskan ½ buah alpukat terlebih dahulu kemudian tambahkan 1 sdt minyak zaitun dan 1 sdm madu. Aduk hingga rata lalu aplikasikan pada kulit wajah selama 15 hingga 20 menit. Kemudian, bilas dengan air.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi rambut mengembang ini mudah dicoba, lo

Oatmeal dan madu

Cara mengatasi kulit kering lainnya adalah dengan memakai oatmeal dan madu. Campur 2 sdm oatmeal, 1 sdm madu, dan sedikit air. Gosokkan campuran itu pada kulit secara perlahan.

Kombinasi bahan alami itu efektif membersihkan sel kulit mati sehingga kesehatan kulit dapat terjaga.

Lidah buaya

Supaya kesehatan kulit dapat terawat, cobalah untuk memanfaatkan lidah buaya. Selain itu, lidah buaya efektif mengatasi iritasi kulit, mencegah tanda-tanda penuaan, dan mengobati jerawat.

Jangan lupa untuk melakukan uji coba dulu, ya. Apalagi jika Anda memiliki penyakit dermatitis.

Minyak zaitun dan gula

Mengutip dari Everyday Health, tak ada salahnya merawat kulit kering dengan minyak zaitun dan gula. Fungsinya hampir sama dengan oatmeal dan madu, yaitu membersihkan sel kulit mati penyebab komedo, jerawat, masalah kulit yang lain.

Pertama-tama, campur ½ gelas gula dengan 2 sdm minyak zaitun. Gosokkan campuran itu di kulit secara perlahan lalu bilas dengan air.  Supaya kelemababan kulit terkunci, jangan lupa untuk melanjutkan perawatan dengan pelembab yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: Cari pelembab untuk kulit kering? Pakai 4 bahan ini

Minyak kelapa

Menggunakan minyak kelapa termasuk salah satu cara mengatasi kulit kering.

Cara mengatasi kulit kering lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan memakai minyak kelapa. Gunakan jenis minyak itu tiap sebelum tidur agar kelemababan dapat terserap kulit secara maksimal.

Selanjutnya: 6 Tahap untuk hilangkan flek hitam di pipi secara mudah, ikuti caranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru