Cari cara membersihkan pembuluh darah? Pakai 6 bahan ini

Sabtu, 12 Juni 2021 | 15:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari cara membersihkan pembuluh darah? Pakai 6 bahan ini

KONTAN.CO.ID - Cara membersihkan pembuluh darah perlu Anda lakukan secara rutin. Dengan begitu, kolesterol dapat dibersihkan sehingga tekanan darah menjadi lebih terkontrol. Akibatnya, kondisi jantung Anda lebih terjaga.

Bahan alami di sekitar Anda bisa dimanfaatkan untuk menjaga kondisi pembuluh darah, misalnya, minyak kelapa. Namun, jangan menggunakan minyak kelapa terlalu banyak.

Jika tak mengontrol penggunaan minyak kelapa, tubuh Anda justru bisa mengalami efek samping.

Usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan bahan-bahan alami ini secara rutin. Apalagi, jika Anda sedang mengonsumsi jenis obat tertentu.

Selain menghindari efek samping, berkonsultasi dengan dokter juga bisa memaksimalkan manfaat bahan alami berikut:

Tomat

Jika Anda mencari cara membersihkan pembuluh darah, cobalah untuk mengonsumsi tomat secara rutin. E Times menyebutkan, likopen yang terkandung dalam tomat mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat dan trigliserida dalam aliran darah.

Baca Juga: 5 Bahan ini bisa jadi cara membersihkan pembuluh darah

Semangka

Semangka juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung, lo. Asam amino yang ada dalam semangka efektif menurunkan tekanan darah.

Tak hanya itu, semangka juga memiliki asam nitrat yang bisa memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Kopi

Apakah Anda suka mengonsumsi kopi? Ternyata, kopi bisa digunakan untuk menjaga kondisi pembuluh darah.

Meski demikian, sebaiknya jangan mengonsumsi kopi dalam jumlah yang terlalu banyak. Usahakan untuk mengonsumsi tidak lebih dari empat gelas kopi per hari.

Jeruk

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai cara membersihkan pembuluh darah adalah jeruk. Mengutip dari E Times, antioksidan yang ada dalam jeruk bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Bukan cuma itu, jeruk memiliki serat yang mampu menurunkan kolesterol.

Baca Juga: 5 Cara membersihkan pembuluh darah yang bisa Anda coba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru