Cari cara memutihkan selangkangan? Pakai 4 bahan ini

Jumat, 04 Juni 2021 | 12:47 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari cara memutihkan selangkangan? Pakai 4 bahan ini

ILUSTRASI. Salah satu cara memutihkan selangkangan adalah dengan memakai pepaya.

KONTAN.CO.ID - Meski tidak berbahaya, ada banyak orang yang ingin memutihkan selangkangan. Dan, ada berbagai macam cara memutihkan selangkangan yang bisa Anda coba. Salah satunya, dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Sebenarnya, kulit di bagian selangkangan yang berwarna gelap merupakan hal yang wajar. Ada banyak faktor penyebab selangkangan hitam yang bisa Anda alami. Mulai kondisi kulit yang kering, gesekan kulit dengan pakaian ketat, hingga kondisi area selangkangan yang lemabab.

Kondisi kesehatan tertentu dan jenis obat-obatan yang Anda konsumsi juga berpengaruh pada warna kulit di bagian selangkangan.

Untuk memutihkan selangkangan, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Tapi, jika bahan-bahan berikut ini tak mampu mencerahkan warna kulit, ada baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Pepaya

Melansir Beauty Glimpse, pepaya dapat Anda gunakan sebagai cara memutihkan selangkangan dengan alami. Enzim yang ada dalam bahan alami itu mampu membersihkan sel kulit mati dan menurunkan jumlah melanin. Dengan begitu, warna kulit menjadi lebih cerah.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama-tama, gosokkan irisan pepaya mentah pada selangkangan atau bagian tubuh yang lain. Diamkan dulu selama minimal 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Tanpa obat, bahan alami ini bisa untuk memutihkan kulit ketiak yang hitam

Lemon dan yogurt

Cara memutihkan selangkangan berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah dengan mengkombinasikan lemon dan yogurt. Asam laktat dan nutrisi lain yang terdapat dalam bahan-bahan alami itu tak hanya mencerahkan warna kulit, tapi juga menjaga kesehatan kulit Anda.

Caranya, campur 2 sdm yogurt plain dengan 1 sdm air perasan lemon. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada bagian selangkangan lalu diamkan selama 25 hingga 30 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hangat.

Tomat

Salah satu cara memutihkan selangkangan adalah dengan memakai tomat.

Tahukah Anda bahwa tomat juga bisa dijadikan pemutih selangkangan? Kemampuan itu berasal dari antioksidan dalam tomat.

Anda perlu memotong sebuah tomat jadi dua bagian. Selanjutnya, gosokkan salah satu bagian tomat pada selangkangan, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air.

Baca Juga: Berasal dari bahan alami, berikut 4 cara memutihkan badan

Lemon

Selain dikombinasikan dengan yogurt, cara memutihkan selangkangan dapat Anda lakukan hanya dengan air lemon. Beauty Glimpse mengatakan, lemon dipenuhi dengan vitamin C sehingga memakainya bisa mencerahkan warna kulit.

Anda bisa langsung mengaplikasikan air lemon pada bagian selangkangan menggunakan kapas. Jika Anda memiliki tipe kulit sensitif, cobalah untuk mencampur air lemon dengan air biasa.

Setelah diaplikasikan selama 15 hingga 20 menit, bilas selangkangan dengan air. Selanjutnya, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa untuk mendapat hasil maksimal.

Selanjutnya: Punya kulit kering? Ini cara mandi yang disarankan untuk menjaga kelembapan kulit

Editor: Belladina Biananda
Terbaru