Berasal dari bahan alami, berikut 4 cara memutihkan badan

Rabu, 02 Juni 2021 | 18:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Berasal dari bahan alami, berikut 4 cara memutihkan badan

KONTAN.CO.ID - Ada banyak cara memutihkan badan yang bisa Anda praktikkan. Salah satunya dengan memakai bahan-bahan alami. Untuk mendapat hasil yang maksimal, tentu saja Anda perlu melakukannya secara rutin.

Selain bermanfaat sebagai pemutih badan, nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam bahan alami bisa menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Bahkan, beberapa masalah kulit Anda yang lain juga bisa teratasi dengan bahan-bahan alami ini.

Meski demikian, jangan lupa untuk melakukan uji coba, ya. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian hingga warna kulit yang Anda inginkan bisa tercapai.

Namun, jika kulit iritasi, segera hentikan pemakaian dan periksakan diri ke dokter supaya masalah kulit bisa teratasi dengan tepat dan cepat.

Oatmeal

Melansir Emedie Health, oatmeal mampu meningkatkan regenerasi kulit sehingga warna kulit bisa cerah dengan lebih cepat. Selain itu, oatmeal juga mampu mengatasi eksim, ruam, atau kondisi kulit yang kering.

Caranya, aplikasikan oatmeal yang sudah dimasak pada kulit. Diamkan dulu selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air.

Dengan penggunaan rutin, oatmeal bisa menguatkan skin barrier sehingga kulit lebih terlindungi dari paparan sinar matahari atau polusi yang lain.

Baca Juga: Mudah dicoba, ini 4 cara memutihkan wajah secara alami

Lidah buaya

Jika Anda mencari cara memutihkan badan, tidak ada salahnya untuk memilih lidah buaya. Selain mencerahkan, bahan alami itu mengandung antiinflamasi dan efek penyejuk yang efektif mengatasi kerusakan kulit.

Pertama-tama, aplikasikan gel lidah buaya pada kulit lalu diamkan dulu selama 15 hingga 20 menit. Selanjutnya, bilas dengan air.

Harap berhati-hati jika ada luka yang muncul di kulit. Anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Madu

Salah satu cara memutihkan badan adalah dengan memakai madu.

Cara memutihkan kulit juga bisa Anda lakukan dengan madu, lo. Emedi Health menyebutkan, kandungan dalam madu mampu mengatasi hiperpigmentasi.

Tak hanya itu, antibakteri dalam madu berfungsi untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, misalnya, jerawat.

Baca Juga: 4 Masker wajah alami untuk menjaga kesehatan kulit

Kunyit

Cara memutihkan badan berikutnya yang layak dicoba adalah dengan memanfaatkan kunyit. Bahan alami itu mampu menghambat produksi melanin yang berpengaruh pada warna kulit.

Tidak berhenti sampai di situ, kunyit juga dipenuhi dengan antioksidan dan antiseptik sehingga kesehatan kulit bisa terjaga.

Supaya cara memutihkan kulit secara alami bisa berjalan maksimal, Anda perlu mencampur kunyit dengan yogurt. Aplikasikan campuran itu pada kulit secara rutin. Dengan begitu, warna kulit bisa semakin cerah dari hari ke hari.

Selanjutnya: Cara memutihkan kulit ketiak yang hitam dengan bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru