Cari cara mengatasi perut kembung? Pakai 6 bahan alami ini

Selasa, 15 Juni 2021 | 08:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari cara mengatasi perut kembung? Pakai 6 bahan alami ini

ILUSTRASI. Mengonsumsi pisang termasuk salah satu cara mengatasi perut kembung.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perut kembung adalah kondisi di mana perut terasa penuh dan tidak nyaman. Biasanya, kondisi itu dibarengi dengan frekuensi sendawa dan kentut yang meningkat. Jika Anda mengalami hal itu, ada banyak cara mengatasi perut kembung yang bisa dicoba.

Bukan menjadi masalah jika oerut kembung terjadi dalam waktu singkat. Namun, kondisi itu bisa jadi salah satu tanda penyakit jika sering terjadi dan berlangsung dalam jangka waktu lama. Segera periksakan diri ke dokter supaya Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Untuk menghindari kondisi kesehatan yang lebih parah, Anda perlu mengonsumsi beberapa jenis makanan. Dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan ini, perut kembung bisa berkurang sehingga kesehatan Anda terjaga.

Jahe

Melansir Red Book (redbookmag.com), jahe berguna untuk mengatasi perut kembung. Tak hanya itu, jahe juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah sistem pencernaan lain yang membuat sakit perut. Anda bisa mengolah jahe menjadi berbagai macam hidangan sesuai dengan kesukaan Anda.

Baca Juga: Ini penyebab dan cara mengatasi kaki bengkak saat hamil

Pisang

Salah satu penyebab perut kembung adalah jumlah natrium dalam tubuh yang terlalu banyak. Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu mengonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak kalium, misalnya pisang. Selain itu, pisang juga mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan.

Salmon

Cara mengatasi perut kembung selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi ikan salmon. Asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan salmon efektif mengatasi inflamasi atau peradangan yang menyebabkan perut kembung.

Kacang Almond

Salah satu cara mengatasi perut kembung adalah dengan mengonsumsi kacang almond.

Red Book merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi kacang almond supaya perut kembung dapat teratasi dengan baik. Namun, pastikan untuk mengonsumsi kacang almond tanpa garam tambahan, ya. Garam mengandung natrium yang justru bisa memperparah perut kembung.

Baca Juga: Catat, inilah 4 penyebab maag yang perlu Anda waspadai

Pepaya

Bahan alami berikutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi perut kembung adalah pepaya. Enzim yang terkandung dalam jenis buah itu mampu memecah protein sehingga perut kembung dapat berkurang.

Alpukat

Supaya perut kembung dapat teratasi secara optimal, tak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada alpukat. Alpukat mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal yang bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan. Anda bisa mengonsumsi alpukat secara langsung, mengolahnya menjadi salad, dan lain-lain.

Selanjutnya: Catat, ini 11 bahan alami pereda asam lambung tinggi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru