Cari Obat Kolesterol? Coba 5 Makanan Sehat yang Bisa Dijadikan Alternatif

Minggu, 03 Juli 2022 | 09:45 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cari Obat Kolesterol? Coba 5 Makanan Sehat yang Bisa Dijadikan Alternatif


KONTAN.CO.ID - Jika Anda mencari obat kolesterol, terdapat beberapa jenis makanan sehat yang dapat dimanfaatkan dan dijadikan alternatif. Selain bisa jadi obat kolesterol, makanan tersebut juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jumlah kolesterol juga perlu diperhatikan. Pasalnya, jika dibiarkan tinggi, kolesterol dapat memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung dan lain-lain. 

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tersebut, bahkan berisiko merenggut nyawa Anda. Tentu sangat mengerikan, kan?

Baca Juga: Cara Ampuh Melangsingkan Badan, Coba Lakukan 5 Hal Ini

Untuk menghindari hal tersebut, sering-seringlah mengecek jumlah kolesterol Anda dan berkonsultasi dengan dokter agar kesehatan tetap terjaga.

Umumnya kolesterol tinggi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya berkaitan dengan asupan makanan yang dikonsumsi. 

Melansir dari Healthline, beriku ada beberapa makanan sehat yang dapat dijadikan obat kolesterol alami, di antaranya: 

Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiatnya disebut-sebut mampu mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh. 

Hal tersebut dikarenakan jahe mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Sehingga, tak heran jahe kerap dijadika bahan ramuan berbagai jenis obat herbal. 

Cokelat Hitam

Mungkin sebagian orang belum tahu bahwa cokelat hitam merupakan makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Dilansir dari Healthline, ada sebuah penelitian menyampaikan bahwa jumlah kolesterol jahat bisa diturun jika seseorang mengkonsumsi cokelat hitam secara rutin. 

Baca Juga: Link Y2Mate Situs Download Video Youtube Terbaru dan Gratis 2022

Sayuran

Jika Anda mempunyai jumlah kolesterol tinggi, mengkonsumsi sayuran adalah hal yang penting untuk dilakukan. 

Pasalnya, kebanyakan sayuran mengandung antioksidan dan serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus juga menurunkan berat badan. 

Bawang Putih 

Makanan yang dapat dijadikan obat kolesterol selanjunya yaitu bawang putih. Pasalnya, bawang putih mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Bahkan, selain dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, mengkonsumsi bawang putih juga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

Lemak Ikan

Lemak ikan juga bisa dijadikan opsi untuk obat kolesterol Anda, salah satunya ikan salmon. Dengan mengkonsumsi lemak ikan, hal tersebut akan membuat jumlah kolesterol baik dalam tubuh bertambah, begitupun sebaliknya kadar kolesterol jahat akan berkurang. 

Selain dapat mengontrol jumlah kolesterol, mengonsumsi lemak ikan juga dapat menurunkan risiko stroke dan berbagai peradangan. 

Baca Juga: Mau Cepat Hamil? Simak 7 Cara Berikut yang Wajib Diketahui

Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang mengandung banyak serat dan lemak sehat atau lemak tak jenih tunggal. Kandungan tersebut ternyata mampu menurunkan kolesterol jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, alpukat juga enak untuk dimakan dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan juga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru