Catat 5 Minuman Pereda Mual dan Sakit Perut yang Bisa Dibuat di Rumah

Selasa, 19 Maret 2024 | 15:32 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Catat 5 Minuman Pereda Mual dan Sakit Perut yang Bisa Dibuat di Rumah

ILUSTRASI. Minum teh


Minuman Pereda Mual - JAKARTA. Simak daftar minuman yang dapat membantu mengatasi sakit perut dan mual. Saat Anda mengalami ketidaknyamanan pada perut, minuman-minuman ini dapat membantu meredakannya.

Minuman yang memiliki efek menenangkan pada perut dapat membantu mengatasi mual yang Anda rasakan ketika tidak ada opsi lain yang tersedia.

Sehingga, penting untuk dicatat bahwa ini merupakan cara yang murah dan relatif tidak berisiko untuk mengurangi rasa mual, terutama jika Anda tidak memiliki alergi atau sensitivitas terhadap makanan.

Ternyata, banyak orang terkejut mengetahui bahwa minum segelas air dingin saja sudah bisa membantu mengurangi mual. Selain itu, minuman herbal hangat seperti teh jahe dan peppermint juga dikenal efektif untuk meredakan rasa mual.

Baca Juga: Apa Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan? Catat 7 Hal Ini

Beberapa penyebab umum mual tiba-tiba meliputi infeksi atau penyakit lambung, seperti infeksi virus atau bakteri yang memengaruhi lambung, makanan yang tidak segar atau terkontaminasi, dan sensitivitas terhadap makanan.

Selain itu, mual juga dapat menjadi gejala migrain atau dipengaruhi oleh perubahan hormonal, seperti yang terjadi selama kehamilan atau menstruasi.

Minuman pereda mual dan sakit perut

Teh maca

Rekomendasi minuman ini mungkin dapat membantu menghilangkan rasa mual dengan lebih baik dan lebih cepat dibandingkan pengobatan lainnya.

Rasa mual yang muncul tiba-tiba dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dan kondisi ini bisa bersifat sementara atau menjadi gejala yang menunjukkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Berikut adalah beberapa minuman yang dapat membantu meredakan rasa mual, dirangkum dari laman Migraine Again.

1. Jus Lemon

Jus lemon memiliki khasiat baik untuk mengatasi mual karena mengandung asam yang dapat membentuk bikarbonat, senyawa yang membantu meredakan mual.

Simpan irisan lemon di dalam lemari es dapat menjadi solusi praktis saat mual sering kali menjadi masalah. Namun, perlu diingat bahwa bagi mereka yang memiliki riwayat sakit maag, penggunaan lemon mungkin dapat memperburuk gejala.

2. Ramuan Teh Herbal

Anda dapat memilih teh herbal sebagai minuman dasar dengan tambahan bahan seperti jahe dan peppermint. Pastikan untuk memeriksa kadar kafeinnya terlebih dahulu, karena tidak semua teh herbal bebas kafein.

Teh herbal dapat disesuaikan dengan preferensi rasa, seperti rasa buah, mint, atau sedikit pedas. Campuran jahe dan daun mint dalam teh herbal juga dapat membantu meredakan rasa mual.

3. Minuman Ramuan Soda Kue

Salah satu minuman yang bisa meredakan sakit perut dan mual adalah soda kue. Mengonsumsi baking soda yang dilarutkan dalam air dapat membantu mengurangi rasa mual dan menenangkan asam lambung.

Namun, perlu diingat bahwa soda kue dapat mengurangi penyerapan obat lain, sehingga sebaiknya tunggu dua jam setelah mengonsumsi obat oral sebelum meminum soda kue. Penggunaan soda kue tidak dianjurkan bagi wanita hamil atau anak di bawah 6 tahun.

4. Minuman Jahe

Minuman jahe dipercaya dapat meredakan sakit perut dan mual. Anda dapat membuat teh jahe dari potongan jahe yang direbus selama 15 hingga 20 menit, kemudian disaring dengan baik. Untuk mengurangi rasa pedas, Anda dapat menambahkan sedikit madu atau mengurangi jumlah jahe yang digunakan.

5. Air Dingin

Menyedot segelas air es secara perlahan merupakan cara yang efektif untuk meredakan rasa mual. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi air dingin dalam jumlah yang berlebihan dapat membuat tubuh terasa sangat dingin atau menyebabkan ketidaknyamanan pada gigi yang sensitif.

Bagi kebanyakan orang, air dingin adalah pilihan terapi yang efektif, karena hidrasi yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh dan otak. Jika Anda tidak menyukai air biasa, Anda dapat mencoba mencampur air dengan bahan lain untuk menambah rasa dan menikmatinya sepanjang hari.

Itulah sederet minuman untuk mengurangi sakit perut dan rasa mual yang mengganggu Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru