Cermat sebelum membeli, 6 hal ini penting diketahui saat memilih popok bayi

Selasa, 08 Juni 2021 | 16:25 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cermat sebelum membeli, 6 hal ini penting diketahui saat memilih popok bayi

ILUSTRASI. Cermat sebelum membeli, 6 hal ini penting diketahui saat memilih popok bayi. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.


PARENTING -  Memilih popok yang tepat untuk bayi menjadi tantangan bagi banyak orangtua. Salah memilih popok bisa membuat buah hati tidak nyaman hingga menimbulkan iritasi.

Memilih antara popok kain atau sekali pakai (pampers) hingga pampers terbaik untuk newborn jadi hal yang paling sulit untuk orangtua. 

Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli popok. Harga mahal bukan jaminan popok bisa nyaman dikenakan bayi. 

Memperhatikan kebutuhan bayi menjadi hal paling penting saat Anda memilih popok. Hal ini bisa menekan banyak dampak negatif yang dialami bayi. 

Berikut tips memilih popok bayi yang tepat yang dirangkum dari Firstcry Parenting dan The Asianparent Singapore:

  • Ukuran popok

Saat memilih popok bayi, penting bagi Anda untuk membeli yang pas untuk buah hati. Perhatikan usia dan berat badan buah hati agar mudah saat membeli popok.

Pilih popok kain atau pampers dengan hari-hati terutama untuk newborn. Popok yang tidak pas membuat bayi tidak nyaman. Kulit bayi juga rawan terkena ruam jika popok terlalu besar atau kecil. 

Jangan menyetok popok bayi dengan satu ukuran. Bayi cenderung mengalami pertumbuhan yang cepat. Karenanya, setiap bulannya ganti ukuran sesuai dengan perkembangan buah hati. 

Baca Juga: Ini fakta menarik dari tidur bayi, bangun tengah malam ternyata penting untuk mereka

  • Jenis kulit bayi

Sebelum membeli popok, kenali dulu kondisi kulit bayi Anda. Jangan sampai Anda salah membeli popok dan menyebabkan alergi pada kulit bayi. 

Pastikan bahan popok tidak mengandung zat kimia berbahaya. Jika bayi memiliki kulit sensitif, belilah popok khusus untuk kulit sensitif. 

  • Jenis popok

Memilih jenis popok masih menjadi dilema banyak ibu. Banyak ibu yang bingung memilih antara popok kain atau pampers.

Pilihlah sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda cukup sibuk, pampers sangat membantu. Popok ini sangat mudah dan cepat dikenakan pada bayi. 

Popok kain untuk bayi memiliki beragam manfaat. Selain bisa menekan alergi pada bayi, popok kain juga terjangkau. Sekali lagi, pertimbangkan memilih popok sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Baca Juga: Ragam nutrisi ini penting untuk tubuh, simak apa saja dan fungsinya

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru