​Contoh Kultum Ramadan Singkat Berbagai Tema yang Bisa Jadi Referensi

Kamis, 07 Maret 2024 | 15:39 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Contoh Kultum Ramadan Singkat Berbagai Tema yang Bisa Jadi Referensi

ILUSTRASI. Kultum Ramadhan Singkat.


Contoh Kultum Ramadan Singkat - Kultum Ramadan singkat dapat disimak di artikel ini. Sebentar lagi, umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Tidak hanya berpuasa, di bulan suci Ramadan, umat Islam juga terbiasa meningkatkan intensitas ibadah. 

Salah satunya adalah tarawih, salat berjamaah di masjid, maupun buka bersama. Dalam kegiatan tersebut biasanya terdapat kuliah tujuh menit atau kultum Ramadan singkat. 

Kultum ini biasanya berisi mengenai ceramah keagamaan yang umumnya bersifat singkat dan padat. Lalu, seperti apa contoh kultum Ramadan singkat? 

Baca Juga: Ramadhan 2024, Ini 4 Tips Persiapan Menyambut Bulan Puasa Agar Siap Lahir Batin

Kultum Ramadan singkat 

Kultum Ramadhan Singkat

Berikut adalah contoh kultum Ramadan singkat yang dirangkum dari laman NU Online dan Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara:

1. Kultum Ramadan singkat tentang golongan orang yang terhalang mendapatkan kebaikan Ramadan 

Assalamu’alaikum Warahmatullahhi Wabarakatuh. 

Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang sudah memberikan limpahan nikmat yang tak terkira sampai hari ini. Hingga akhirnya kita bisa bertemu kembali di Bulan Ramadhan yang penuh berkah.  

Tidak lupa, selawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, hingga sampai kepada kita semua selaku umatnya.  

Melalui kesempatan ini, izinkan saya untuk menyampaikan sebuah kultum yang singkat mengenai golongan orang yang terhalang mendapatkan kebaikan Ramadan. 

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Dewan Masjid Indonesia Terbitkan SE, Apa Isinya?

Jadi, berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari dari Ka’ab bin ‘Ajrah dalam kitabnya, 

Rasulullah Saw berkata: “Hadirlah kamu semua ke mimbar.” Maka kami pun hadir. Ketika Rasulullah saw naik ke anak tangga pertama, beliau katakan: “Amin.” Ketika naik ke anak tangga kedua, beliau katakan: “Amin”. Ketika naik ke anak tangga ketiga, beliau katakan lagi: “Amin.” 

​​​​​​​Ketika beliau turun, kami bartanya mengklarifikasi: “Wahai Rasulullah, hari ini kami telah mendengar sesuatu yang tidak pernah kami dengar”. ​​​​​​​

Rasulullah saw kemudian menjawab: “Sesungguhnya Jibril mengajukan kepadaku, ia berkata: “Dilaknat orang yang bertemu dengan Ramadhan, akan tetapi ia tidak diampuni. ​​​​​​​Maka aku katakan: “Amin.” 

​​​​​​​Ketika aku naik ke anak tangga kedua, ia berkata: “Dilaknat orang yang ketika namamu disebut, ia tidak bershalawat kepadamu”. Aku katakan: “Amin.” 

​​​​​​​Ketika aku naik ke anak tangga ketiga, ia berkata: “Dilaknat orang yang kedua orang tuanya sampai usia lanjut bersamanya, atau salah satu dari mereka, akan tetapi itu tidak membuatnya masuk surga.”​​​​​​​Maka aku katakan: “Amin.

Baca Juga: 4 Tips Momen Buka Puasa Makin Seru

Hadist tersebut menjelaskan bahwa ada golongan yang terhalang kebaikan Ramadan, yaitu:

  • Orang yang menemui bulan Ramadhan, namun ia lalai dengan melakukan kemaksiatan dan tidak bertaubat hingga Ramadhan berlalu. 
  • Orang yang ketika nama Nabi Muhammad saw disebut, ia tidak bershalawat kepadanya.  
  • Orang yang masih menemui kedua atau salah satu orang tuanya, namun ia menyia-nyiakanya dengan tidak berbakti dan melalaikan hak-haknya. 

Naudzubillah mindzalik. Semoga kita tidak termasuk dari ketiganya. Amin. Wallahu a'lam bisshawab.

Baca Juga: Tak dilarang, ini aturan dan panduan shalat tarawih di masjid selama Ramadan 2021

2. Kultum Ramadan singkat tentang manfaat puasa 

Assalamu’alaikum Warahmatullahhi Wabarakatuh. 

Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang sudah memberikan limpahan nikmat yang tak terkira sampai hari ini. Hingga akhirnya kita bisa bertemu kembali di Bulan Ramadhan yang penuh berkah.  

Tidak lupa, selawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, hingga sampai kepada kita semua selaku umatnya.  

Melalui kesempatan ini, izinkan saya untuk menyampaikan sebuah kultum yang singkat mengenai manfaat puasa Ramadan untuk kesehatan.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Ucapkan Selamat Untuk Ketua PW Muhammadiyah Jatim Terpilih

Bulan ramadhan sebagai bulan yang penuh berkah dan rahmah. Meskipun untuk sebagian orang ibadah puasa cukup berat, tetapi terdapat keistimewaan untuk mendapatkan hikmah dari Allah berupa kebahagian, pahala berlipat, dan manfaat kesehatan.

Selain itu, puasa juga berfungsi mengistirahatkan pencernaan makanan yang dikonsumsi manusia.

Kesehatan merupakan nikmat yang tidak dapat dinilai dengan harta benda. Untuk menjaga kesehatan, tubuh perlu diberikan kesempatan untuk istirahat. 

Puasa, yang mensyaratkan untuk tidak makan, minum, dan melakukan perbuatan-perbuatan lain yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

Baca Juga: Ini Isi SE Dewan Masjid Indonesia Menjelang Ramadhan

Puasa dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Makanan yang berlebihan belum tentu baik untuk kesehatan seseorang. 

Ditinjau dari sudut pandang kesehatan, banyak manfaat yang akan diperoleh seseorang ketika menjalankan puasa. Banyak orang yang membuktikan badan terasa lebih sehat dan bugar ketika menjalani puasa. 

Selain itu, puasa juga diharapkan menjadi kontrol kita dalam mengelola emosi, karena puasa mengajarkan kita untuk menahan diri dari amarah yang bisa membuat gangguan kesehatan.  

Demikian informasi mengenai kultum Ramadan singkat yang bisa dijadikan referensi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru