Dari lemon hingga kentang, ini 4 cara memutihkan ketiak

Senin, 21 Juni 2021 | 11:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Dari lemon hingga kentang, ini 4 cara memutihkan ketiak

ILUSTRASI. Lemon dapat Anda manfaatkan sebagai cara memutihkan ketiak.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketiak hitam bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari keringat berlebih, sel kulit mati menumpuk, hingga pencukuran. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara memutihkan ketiak yang bisa Anda coba.

Salah satu cara yang bisa Anda jadikan pilihan adalah dengan memanfaatkan bahan alami, seperti lemon. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon mampu membersihkan sel kulit mati. Tak hanya itu, lemon juga dilengkapi dengan pencerah alami sehingga ketiak hitam dapat teratasi.

Selain lemon, tentu saja ada bahan alami lain yang bisa Anda gunakan. Namun, usahakan untuk melakukan uji coba dulu, ya. Jika tidak ada efek samping atau reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Cuka Apel

Bebeautiful.in mengatakan bahwa cuka apel memiliki fungsi mirip lemon, yaitu membersihkan sel kulit mati. Manfaat lemon itu berasal dari kandungan asam laktat dan asam amino. Selain itu, astringen dalam cuka apel pun efektif membersihkan pori-pori kulit.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, encerkan cuka apel dengan air. Aplikasikan campuran itu pada ketiap menggunakan kapas. Diamkan dulu selama 10 menit sebelum Anda membilasnya dengan air hangat.

Baca Juga: Ini 6 bahan yang cocok dijadikan cara memutihkan wajah

Timun

Bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai cara memutihkan ketiak adalah timun. Keringat berlebih dan suhu panas di lingkungan Anda mengakibatkan pertumbuhan bakteri di bawah ketiak. Selain membuat ketiak hitam, hal itu juga memunculkan bau badan yang kurang sedap.

Pertama, iris timun dingin lalu gosokkan secara perlahan pada ketiak. Anda perlu mendiamkannya dulu selama 10 menit sebelum membilas dan mengeringkan ketiak. Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk melakukannya sebanyak dua kali dalam sehari.

Lidah Buaya

Ketiak hitam juga bisa diatasi dengan lidah buaya, lo. Mengutip dari Bebeautiful.in, lidah buaya mengandung antibakteri yang dapat menenangkan dan mencerahkan warna kulit ketiak. Anda hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air.

Baca Juga: Cari cara memutihkan selangkangan? Pakai 4 bahan ini

Kentang

Salah satu cara memutihkan ketiak adalah dengan memakai kentang.

Kentang jadi bahan alami selanjutnya yang dapat Anda manfaatkan sebagai cara memutihkan ketiak. Selain mencerahkan warna kulit, kentang juga efektif mengurangi rasa gatal dan baik digunakan oleh pemilik tipe kulit sensitif.

Anda perlu memarut dan memeras kentang terlebih dahulu supaya bisa mendapat ekstraknya. Aplikasikan ekstrak kentang pada kulit ketiak menggunakan kapas. Diamkan dulu selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin.

Selanjutnya: Cara memutihkan wajah, coba gunakan 6 bahan alami ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru