Hati-hati! Ini tanaman yang bisa menarik perhatian ular

Kamis, 16 September 2021 | 15:11 WIB Sumber: Kompas.com
Hati-hati! Ini tanaman yang bisa menarik perhatian ular

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belum banyak yang mengetahui bahwa ular memiliki rasa takut terhadap sejumlah tanaman karena aroma bunga-bunganya. Di sisi lain, ada pula tanaman-tanaman yang disukai ular baik karena aroma maupun struktur tumbuh tanamannya.  

Jadi, berhati-hatilah ketika memiliki halaman cukup luas. Sebaiknya pilah-pilah tanaman apa yang akan ditanam dengan benar.  

Ular selalu menyenangi tanaman semak, tanaman yang bergerombol di tanah, juga beberapa bunga-bungaan yang aromanya memancing indera penciuman ular. 

Apa saja tanaman yang bisa memancing ular datang tersebut?  

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tanaman yang ditengarai selalu bisa memancing ular datang. 

Baca Juga: Ini tanda-tanda jika ada ular masuk rumah, ayo kenali!

1. Tanaman bunga 

Dicukil dari Homeguides, pohon melati banyak disukai ular. Bukan aroma dari bunganya yang memancing ular datang, namun struktur rimbun dari tanamannya yang membuat ular betah untuk bersarang menanti mangsa datang. 

Lebih lanjut dikatakan, ular juga tak melihat pohon melati sebagai sumber makanan karena ular bukan herbivora. Namun pohon melati bisa menjadi sumber makanan jika di sana didapati banyak kadal dan hewan-hewan tanah yang bisa dimangsa lainnya. 

Sedangkan dicukil dari Trinjal, disebutkan bahwa cendana adalah salah satu tanaman yang disukai oleh ular. Hal ini lantaran cendana adalah tanaman herbal yang teduh dan membuat sejuk hawa di sekitarnya. 

Selain melati dan cendana, beberapa kasus menemukan pula ular sering meringkuk di dekat tanaman wijaya kusuma, morning glory juga rosemary. 

Baca Juga: Cara merawat ikan koi dan menanggulangi hama yang mengganggu

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru