Ingin Sembunyikan Status Online kepada Kontak Tertentu di WhatsApp? Ini Caranya

Senin, 20 Juni 2022 | 11:01 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Ingin Sembunyikan Status Online kepada Kontak Tertentu di WhatsApp? Ini Caranya

ILUSTRASI. Sejak akhir tahun lalu, WhatsApp mulai mengerjakan pengaturan privasi baru untuk menyembunyikan foto profil pengguna. REUTERS/Rupak De Chowdhuri


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak akhir tahun lalu, WhatsApp mulai mengerjakan pengaturan privasi baru yang memungkinkan pengguna menyembunyikan foto profil mereka, last seen atau status online, dan tentang info dari orang-orang tertentu di daftar kontak mereka. 

Melansir GSM Arena, sebelumnya ketersediaan fitur ini terbatas dalam versi beta. Akan tetapi, perusahaan telah mengumumkan bahwa fitur tersebut akhirnya diluncurkan ke semua penggunanya di seluruh dunia pada perangkat iPhone dan Android.

Hingga saat ini, Anda memiliki tiga opsi privasi untuk foto profil Anda, last seen, dan Tentang info. Yakni: bisa dilihat oleh semua Orang, dan tidak ada satu pun. Nah, kini, ada satu tombol lagi yang tersedia yang disebut "Kontak saya kecuali ..." 

Seperti namanya, opsi baru memungkinkan Anda untuk menampilkan foto profil WhatsApp Anda, terakhir terlihat, dan Tentang info kepada orang-orang di daftar kontak Anda kecuali yang Anda tidak inginkan untuk melihat. 

Baca Juga: Panduan Cara Login WhatsApp Web, Mulai dari Scan QR Code hingga Link Alternatif

Tetapi perlu dicatat bahwa jika Anda tidak membagikan tampilan terakhir Anda dengan orang lain, Anda juga tidak akan dapat melihat tanda terima mereka, seperti tanda terima telah dibaca. 

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, begini caranya:

Anda dapat menuju ke menu Pengaturan --> Akun --> Privasi WhatsApp di perangkat iPhone dan Android untuk mencoba kontrol privasi baru ini.

WhatsApp sepertinya akan terus menyempurnakan fitur layanannya. Sebelumnya, melansir informasi di WABetaInfo, akun yang kerap berbagi informasi terkini soal fitur baru WhatsApp, tak lama lagi para pengguna layanan ini akan menambahkan fitur baru. Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengedit pesan yang telah dikirim. 

Baca Juga: Chat WhatsApp Kerap Memenuhi Memori HP? Ini Cara Mudah Mengatasinya

"Setelah mengumumkan bahwa beberapa fitur utama sedang dalam pengembangan seperti polling grup dan WhatsApp Premium, WhatsApp akhirnya tengah mengembangkan pada kemampuan mengedit pesan teks untuk pembaruan WhatsApp beta di masa mendatang," tulis WABetaInfo.  Dijelaskan pula bahwa nantinya fitur edit pesan WhatsApp tersebut bisa digunakan untuk Android, iOS, dan Desktop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru