Ini 4 cara membersihkan gigi kuning yang mudah dicoba

Jumat, 18 Juni 2021 | 13:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 4 cara membersihkan gigi kuning yang mudah dicoba

ILUSTRASI. Minyak kelapa dapat Anda manfaatkan sebagai cara membersihkan gigi kuning.

KONTAN.CO.ID - Warna gigi yang kuning dan tidak terlalu cerah termasuk salah satu faktor yang menurunkan rasa percaya diri. Untuk mengatasi masalah itu, ada banyak cara membersihkan gigi kuning.

Sebab, gigi kuning juga bisa jadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius. Cara membersihkan gigi kuning, pertama-tama Anda perlu tahu dulu faktor apa saja yang menyebabkan gigi kuning.

Mengutip dari Art of Smiles, gigi kuning bisa terjadi akibat enamel gigi yang menipis, merokok, mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu, kebersihan gigi dan mulut tak terjaga, dan lain-lain.

Tak hanya itu, kondisi kesehatan tubuh Anda juga terlihat pada warna gigi yang menguning. Misalnya, tubuh Anda sedang terinfeksi suatu penyakit, metabolisme tubuh mengalami gangguan, dan penggunaan antibiotik yang berlebihan.

Supaya masalah itu tak semakin parah, cobalah beberapa cara ini:

Minyak kelapa

Cara membersihkan gigi kuning yang pertama adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa. Asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa efektif meredakan peradangan dan melawan infeksi bakteri.

Saat jumlah bakteri berkurang, kemunculan plak penyebab gigi kuning pun dapat menurun.

Baca Juga: Efektif, ini 4 cara memutihkan gigi yang bisa Anda coba

Stroberi

Art of Smiles merekomendasikan Anda untuk memanfaat stroberi agar gigi kuning teratasi dengan baik. Jenis buah itu mengandung banyak vitamin C yang mampu mencerahkan warna gigi.

Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Pertama-tama, parut stroberi hingga halus atau berbentuk pasta.

Gosokkan stroberi itu pada gigi secara perlahan. Anda perlu melakukan langkah tersebut dua kali dalam sehari selama beberapa minggu untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baking soda

Jika Anda mencari cara membersihkan gigi kuning, tak ada salahnya untuk menggunakan baking soda. Baking soda bersifat abrasif sehingga mampu membersihkan plak dan noda yang menempel di gigi.

Dengan pemakaian rutin, baking soda bisa mencerahkan warna gigi Anda. Caranya, campur 1 sdt baking soda dengan sedikit air hingga berbentuk pasta lalu gunakan untuk menyikat gigi.

Namun, jangan terlalu lama menggunakan baking soda, ya. Terlalu lama dan terlalu banyak memakai baking soda justru dapat merusak enamel alami gigi.

Baca Juga: Tanpa bleacing, ini cara memutihkan gigi secara mudah dengan bahan alami

Kulit jeruk

Salah satu cara membersihkan gigi kuning adalah dengan memakai kulit jeruk.

Bahan alami berikutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara membersihkan gigi kuning adalah kulit jeruk. Zat asam yang terkandung dalam kulit jeruk efektif membersihkan noda kuning yang menempel di gigi.

Apalagi, noda kuning yang disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Anda hanya perlu menggosokkan bagian dalam kulit jeruk pada gigi Anda selama dua hingga tiga menit. Setelah itu, berkumurlah dengan air hangat. Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk melakukannya sebanyak dua kali dalam sehari.

Selanjutnya: 4 Cara memutihkan gigi ini pakai bahan-bahan alami, lo

Editor: Belladina Biananda
Terbaru