Efektif, ini 4 cara memutihkan gigi yang bisa Anda coba

Senin, 17 Mei 2021 | 09:46 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Efektif, ini 4 cara memutihkan gigi yang bisa Anda coba

ILUSTRASI. Salah satu manfaat baking soda adalah dimanfaatkan sebagai cara memutihkan gigi.


KESEHATAN - JAKARTA. Memiliki gigi yang putih dan terlihat sehat adalah keinginan banyak orang. Jika Anda juga memiliki keinginan yang sama, ada beberapa cara memutihkan gigi yang bisa Anda praktikkan. Alih-alih mengunjungi dokter, Anda bisa melakukannya di rumah.

Pertama, Byride (byrdie.com) merekomendasikan Anda untuk menghindari makanan dan minuman yang mudah meninggalkan noda di gigi. Misalnya, kopi, minuman bersoda, teh, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mengonsumsi jenis minuman tersebut, cobalah untuk memakai sedotan.

Jangan lupa pula untuk langsung menyikat gigi setelah selesai mengonsumsinya. Selain membatasi konsumsi jenis makanan dan minuman tertentu, masih banyak pemutih gigi yang bisa Anda dapatkan dari bahan-bahan berikut ini.

Baking Soda

Cara memutihkan gigi kuning pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan baking soda. Baking soda memiliki pH yang berlawanan dengan keasaman sehingga efektif menghilangkan noda yang menempel di gigi.

Selain mencerahkan warna gigi, baking soda juga mengandung antibakteri sehingga mampu mencegah infeksi penyakit gigi dan mulut. Anda hanya perlu mencampur baking soda dengan sedikit air lalu menggunakannya untuk sikat gigi. Segera hentikan pemakaian jika muncul sensasi terbakar atau iritasi.

Baca Juga: 4 Cara memutihkan wajah secara alami ini patut Anda coba

Minyak Kelapa

Mengutip dari Byrdie, minyak kelapa bisa digunakan sebagai cara memutihkan gigi. Jenis minyak itu mampu membersihkan bakteri, zat racun, dan plak yang menempel di gigi. Akhirnya, gigi terlihat lebih cerah dan terawat.

Anda hanya perlu berkumur dengan minyak kelapa selama 15 hingga 20 menit. Untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda bisa melakukannya setiap hari. Selain digunakan untuk berkumur, Anda juga dapat menggunakannya untuk menyikat gigi.

Pisang

Salah satu cara memutihkan gigi adalah dengan memakai pisang.

Tahukah Anda bahwa pisang bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan gigi kuning? Bagian pisang yang perlu Anda gunakan sebagai pemutih gigi alami adalah kulitnya. Cukup gosokkan kulit pisang bagian dalam pada gigi selama minimal dua menit.

Magnesium, kalium, dan mineral lain yang terkandung dalam kulit pisang efektif menghilangkan noda yang menempel di permukaan gigi. Untuk mendapat hasil yang maksimal, tentu saja Anda perlu menggunakannya secara rutin.

Baca Juga: Bisa jadi obat sakit kepala, ini 4 manfaat kulit pisang

Cuka Apel

Cuka apel termasuk bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara memutihkan gigi. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan cuka apel karena bahan alami tersebut memiliki kandungan zat asam yang cukup tinggi. Jika Anda menggunakannya dengan cara yang salah, enamel gigi Anda bisa rusak.

Cara membuat gigi putih bisa Anda mulai dengan mencampur setengah sendok cuka apel dalam segelas air. Gunakan sikat gigi untuk mengaplikasikan cuka apel di seluruh bagian gigi lalu kumur dengan air. Lanjutkan cara membersihkan gigi kuning dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi biasa lalu kumur.

Selanjutnya: 6 Bahan alami ini efektif jadi cara menghilangkan karang gigi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru