Ini 4 cara mengatasi mata bengkak yang layak Anda coba

Selasa, 08 Juni 2021 | 12:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 4 cara mengatasi mata bengkak yang layak Anda coba

ILUSTRASI. Salah satu cara mengatasi mata bengkak adalah dengan memakai kentang.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski biasa terjadi, mata bengkak merupakan salah satu kondisi yang cukup mengganggu. Jika Anda mengalami masalah itu, ada banyak cara mengatasi mata bengkak yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari mengubah pola hidup hingga memanfaatkan bahan alami.

Ada banyak faktor penyebab mata bengkak. Misalnya, waktu tidur yang tidak terpenuhi, stres, terlalu banyak menangis, merokok, alergi, terlalu banyak mengonsumsi garam, dehidrasi, dan lain sebagainya.

Jika mata bengkak terus terjadi dalam jangka waktu lama, ada baiknya bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba bahan-bahan alami berikut. Jangan lupa untuk melakukan uji coba dulu untuk melihat apakah ada reaksi alergi yang muncul atau tidak.

Air Putih

Seperti yang telah disebutkan, salah satu penyebab mata bengkak adalah dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan. Maka dari itu, minum banyak air putih penting untuk Anda coba. Selain mengatasi mata bengkak, banyak minum air putih pun efektif mengeluarkan zat racun dari tubuh.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi mata merah, bisa pakai bahan alami, lo

Kentang

Top 10 Home Remedies (top10homeremedies.com) mengatakan bahwa kentang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi mata bengkak. Selain mengurangi pembengkakan pada mata, zat tepung dalam kentang berperan sebagai antiinflamasi yang bisa menyamarkan lingkar hitam di bawah mata.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, potong kentang menjadi beberapa iris lalu letakkan dalam kulkas selama beberapa saat. Setelah dingin, letakkan kentang di atas mata yang tertutup selama beberapa menit. Ulangi beberapa kali dalam sehari sampai mata bengkak berkurang.

Timun

Mentimun bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi mata bengkak.

Selain kentang, timun juga jadi salah satu bahan alami yang efektif mengatasi mata bengkak. Cara yang perlu Anda lakukan sama seperti poin sebelumnya. Tidak hanya mengurangi mata bengkak, timun juga berguna untuk mengatasi tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan.

Baca Juga: 4 Pelembab untuk kulit kering ini dari bahan alami, lo

Kantung Teh

Mengutip dari Top 10 Home Remedies, kantung teh berguna untuk menghilangkan mata bengkak dan mengobati iritasi mata. Ada banyak jenis teh yang bisa Anda pakai, seperti teh hijau atau teh hitam. Kafein yang terdapat dalam bahan alami itu mampu memperlebar pembuluh darah dan mengurangi penumpukan air.

Artinya, mata bengkak bisa berkurang saat Anda memakai kantung teh secara rutin. Caranya, masukkan dua kantung teh dalam kulkas selama 30 menit. Setelah itu, letakkan kantung teh dingin di atas mata yang tertutup selama 10 hingga 15 menit. Ulangi cara tersebut beberapa kali sampai mata bengkak teratasi.

Selanjutnya: 5 Cara menghilangkan mata panda dengan bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru