Ini 5 Cara Mengatasi HP Mati Total atau Matot, Kenali Juga Penyebabnya

Jumat, 29 Desember 2023 | 11:24 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 5 Cara Mengatasi HP Mati Total atau Matot, Kenali Juga Penyebabnya

ILUSTRASI. Berikut ini beberapa cara mengatasi HP Mati Total atau Matot. Simak penyebab dari masalah perangkat ini


SMARTPHONE / PONSEL PINTAR - JAKARTA. Simak cara mengatasi HP Mati total atau matot beserta penyebabnya. Ikuti panduan yang perlu Anda terapkan saat perangkat sulit dinyalakan atau matot.

"HP mati total" merupakan kondisi ketika ponsel (HP) atau smartphone tidak dapat dihidupkan atau digunakan sama sekali.

Kondisi "mati total" atau " matot" berarti bahwa perangkat tidak merespons saat mencoba untuk dinyalakan dan tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan, seperti layar menyala atau bunyi sistem.

Untuk itu, Anda perlu mengenali beberapa penyebab HP Matot yang sering kali bisa terjadi secara tiba-tiba.

Baca Juga: Apakah Bisa Pakai Google Map Tanpa Paket Data? Begini Cara Menggunakan Secara Offline

Penyebab HP mati total atau matot

Pengguna Ponsel

Beberapa alasan umum mengapa sebuah HP dapat mengalami kondisi "mati total" meliputi:

  • Baterai Kosong atau Rusak: Jika baterai HP habis atau rusak, perangkat mungkin tidak bisa dinyalakan. HP terkini dengan baterai yang tidak dapat dilepas mungkin memerlukan penanganan khusus dalam hal ini.
  • Masalah Listrik atau Korsleting: Gangguan listrik atau korsleting dalam perangkat dapat menyebabkan kerusakan yang membuat HP tidak dapat menyala.
  • Kerusakan Perangkat Keras (Hardware): Kerusakan pada komponen perangkat keras seperti motherboard, tombol daya, atau komponen kritis lainnya dapat mengakibatkan HP tidak bisa dinyalakan.
  • Kerusakan Perangkat Lunak (Software): Perangkat lunak yang rusak atau terinfeksi malware dapat menyebabkan HP menjadi tidak responsif.
  • Kerusakan Layar atau Tampilan: Jika layar HP rusak, pengguna mungkin tidak dapat melihat tanda-tanda kehidupan pada perangkat.

Untuk mengatasi masalah "HP mati total" atau HP Matot pengguna dapat mencoba beberapa langkah pemecahan masalah, seperti memastikan bahwa baterai tidak kosong, mencoba mengisi ulang baterai (jika dapat dilepas), atau melakukan reset perangkat.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Jaringan Sinyal EDGE Agar Kembali ke 4G LTE

Cara mengatasi HP mati total atau matot

Ikuti beberapa panduan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah HP Mati total dilansir dari PC Mag.

1. Coba hidupkan HP

Anda bisa menghidupkan HP Anda mungkin sudah Anda lakukan, tetapi cobalah hidupkan HP sekarang. Tekan tombol daya dan perhatikan apakah Anda merasakan getaran. Anda juga dapat mencoba memanggil asisten suara seperti Siri, Google Assistant, atau Bixby.

Jika Anda merasakan getaran atau mendengar suara, tetapi layar tetap mati, mungkin HP hanya memerlukan penggantian tampilan.

2. Cek kerusakan fisik

Saat Anda baru saja menjatuhkannya dan sekarang tidak mau menyala. Periksa layar apakah retak atau rusak, bahkan jika tidak, kejatuhan dapat merusak komponen internal yang memengaruhi layar.

Periksa apakah baterai membengkak, jika iya, jangan mencoba menyalakan HP dan bawa segera ke bengkel atau fasilitas limbah elektronik setempat. Periksa apakah ada tanda kerusakan akibat air dengan melihat ke dalam slot kartu SIM di iPhone atau banyak perangkat Android.

3. Isi ulang baterai HP bila tidak ada masalah fisik

HP mungkin mati karena baterainya habis. Biarkan kabel tetap terpasang selama 15 hingga 30 menit sebelum mencoba menyalakannya kembali. Jika pengisian daya tidak berhasil, coba gunakan kabel atau bank daya lain.

Periksa juga port pengisian daya pada HP untuk memastikan tidak ada kotoran yang menghalangi pengisian daya.

4. Lakukan restart paksa

Saat terjadi kerusakan perangkat lunak yang menyebabkan layar mati tetapi HP masih hidup. Cara melakukan restart paksa tergantung pada jenis HP yang Anda miliki, tetapi biasanya melibatkan kombinasi tombol Volume dan tombol Power.

Saat HP masih menyala tetapi tidak dapat dipulihkan, pertimbangkan untuk mengembalikan HP ke pengaturan pabrik.

Caranya bervariasi tergantung pada jenis HP Anda, tetapi umumnya melibatkan menghubungkan HP ke komputer, membuka program seperti iTunes atau Finder, dan memilih opsi untuk mengembalikan HP ke pengaturan pabrik. Pastikan Anda memiliki cadangan data sebelum melakukan reset pabrik.

5. Bawa ke service center

Anda bisa mencoba membawa HP ke service center resmi maupun tidak resmi. Tindakan pengecekan diperlukan agar komponen HP terkait bisa dengan mudah diganti atau diperbaiki.

Apabila masalah persisten, mungkin perlu berkonsultasi dengan pusat layanan teknis atau dukungan pelanggan HP untuk bantuan lebih lanjut. Apabila HP masih berada dalam periode garansi, pemilik dapat menghubungi produsen atau penyedia layanan untuk mendapatkan bantuan.

Demikian beberapa panduan mudah untuk mengatasi HP mati total atau matot yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru