Ini 5 Komponen Sepeda Motor yang Wajib Diservis secara Rutin dan Alasannya

Rabu, 13 Desember 2023 | 15:51 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 5 Komponen Sepeda Motor yang Wajib Diservis secara Rutin dan Alasannya

ILUSTRASI. Komponen Sepeda Motor yang Wajib Diservis secara Rutin. KONTAN/Fransiskus Simbolon/10//06/2018


Komponen Sepeda Motor yang Wajib Diservis  - JAKARTA. Perawatan rutin sepeda motor cukup penting untuk menjaga kesehatan dan kinerja optimal kendaraan. Penggunaan kendaraan roda 2 secara rutin tentu dapat membuat performa mesin menurun.

Hal ini terkait dengan beberapa komponen yang wajib diganti secara rutin seperti Oli mesin, kelistrikan, hingga kondisi ban depan-belakang.

Langkah ini menjadi suatu keharusan bagi pemilik sepeda motor untuk memberikan perhatian khusus terhadap berbagai komponen dan sistem pada kendaraan agar tetap dalam kondisi prima.

Pastikan Anda menjadwalkan dan menyisihkan uang Anda untuk melakukan servis motor rutin.

Baca Juga: 7 Langkah Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Distarter, Kenali Penyebabnya

Kenapa penting merawat sepeda motor?

Servis Motor di Bengkel Honda

Perawatan komponen motor secara rutin sangat penting untuk menjaga performa dan usia pakai motor. Komponen motor yang tidak dirawat dengan baik dapat mengalami kerusakan lebih cepat, sehingga dapat menyebabkan kecelakaan dan mengeluarkan biaya perbaikan atau overhaul.

Berikut adalah beberapa alasan penting merawat komponen motor secara rutin dirangkum dari 911 Bikerlaw.

  • Menjaga performa motor

Perawatan komponen motor secara rutin dapat membantu menjaga performa motor agar tetap optimal. Komponen-komponen motor yang dirawat dengan baik akan bekerja dengan lebih lancar dan efisien, sehingga dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

  • Meningkatkan keselamatan berkendara

Perawatan komponen motor secara rutin dapat meningkatkan keselamatan berkendara. Komponen-komponen motor yang dirawat dengan baik akan berfungsi dengan baik, sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan.

  • Memenuhi syarat garansi

Jika motor Anda masih dalam masa garansi, maka perawatan komponen motor secara rutin merupakan salah satu syarat untuk mempertahankan garansi tersebut.

  • Memperpanjang usia pakai motor

Perawatan komponen motor secara rutin dapat membantu memperpanjang usia pakai motor. Komponen-komponen motor yang dirawat dengan baik akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak, sehingga dapat menghemat biaya penggantian komponen.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Cek 7 Bagian Motor Ini Agar Tetap Prima saat Dipakai di Musim Hujan

Tips Pemeliharaan Sepeda Motor

Perawatan Vespa Matic

Berikut adalah beberapa bagian yang perlu diperiksa secara berkala beserta tips pemeliharaan:

1. Sistem Rem

Rem merupakan salah satu komponen paling penting pada sepeda motor Anda. Sepeda motor mungkin menggunakan dua jenis rem, rem drum atau rem cakram. Rem cakram cenderung digunakan untuk sepeda motor yang lebih besar dan di jalan yang licin.

Sepeda motor memiliki dua reservoir cairan rem, satu untuk bagian depan dan satu untuk bagian belakang. Seperti mobil, kedua reservoir ini sebaiknya diperiksa secara teratur.

Penting juga untuk memastikan bahwa kampas rem Anda tidak terlalu aus. Kampas yang terlalu tipis dapat merusak cakram rem dan mengakibatkan perjalanan mahal ke bengkel.

2. Rantai Sepeda Motor

Rantai sepeda motor masih menjadi komponen penting untuk beberapa varian sepeda motor selain skuter matik. Pastikan untuk selalu memberikan sekitar satu inci keleluasaan antara dua sproket. Pemeliharaan rantai sangat penting untuk menjaga sepeda motor tetap dalam kondisi baik.

Anda wajib merencanakan untuk melumasi rantai secara teratur dan usahakan untuk selalu melakukannya setiap kali Anda mengisi bahan bakar.

3. Ban

Tekanan ban adalah penyebab paling umum dari kerusakan sepeda motor. Ban yang kurang angin cenderung menghasilkan lebih banyak panas, yang mempercepat keausan dan dapat menyebabkan ban kempes.

Ketika kedalaman alur ban berkurang menjadi 1-2 mm, sudah waktunya untuk mengganti ban.

4. Oli Mesin

Pemeliharaan oli yang tepat menjaga sepeda motor Anda tetap dalam kondisi kerja yang baik. Penggantian oli dan filter secara teratur dapat memperpanjang umur banyak bagian serta sepeda motor itu sendiri.

Tingkat oli yang kurang dapat menyebabkan bencana, yang berarti tingkat oli selalu harus dijaga pada tingkat yang tinggi atau maksimum. Namun, penting untuk dicatat bahwa filter udara dapat terisi oleh oli jika tangki oli terlalu penuh.

Lakukan pemeriksaan oli ketika sepeda motor tidak digunakan dan oli dalam keadaan dingin. Ingatlah juga untuk mengganti filter oli setiap kali mengganti oli.

5. Kelistrikan Aki

Aki tidak perlu diperiksa se sering bagian lain, hanya sekitar sekali sebulan, tetapi sering diabaikan karena posisinya yang tidak nyaman. Tingkat cairan di setiap sel baterai sebaiknya diperiksa dan diisi jika rendah.

Hanya air suling atau deionized yang sebaiknya digunakan. Air keran terkontaminasi mineral yang dapat merusak baterai dan dapat menyebabkannya berhenti berfungsi.

Itulah beberapa alasan dan apa saja komponen yang wajib masuk dalam perawatan rutin sepeda motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru