Ini 5 Makanan untuk Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Mengemudi Jauh

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:25 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 5 Makanan untuk Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Mengemudi Jauh

ILUSTRASI. Ilustrasi mengemudi


KESEHATAN - JAKARTA. Simak daftar makanan untuk meningkatkan konsentrasi mengemudi. Ketika kita berada di jalan raya, konsentrasi yang baik adalah kunci untuk keselamatan.

Konsumsi makanan sehat memiliki peran penting dalam menjaga konsentrasi kita tetap optimal saat mengemudi.

Ini membantu menghindari fluktuasi gula darah yang drastis, yang dapat mengakibatkan penurunan konsentrasi dan kewaspadaan saat di jalan.

Makanan sehat mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang mendukung fungsi otak yang optimal.

Tak hanya makanan, Anda tetap harus konsumsi air yang cukup penting untuk menjaga konsentrasi dan kewaspadaan. Kekurangan cairan dapat menyebabkan kelelahan dan penurunan kinerja mental, yang dapat berbahaya saat mengemudi.

Baca Juga: 4 Teh Ini untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi pada Penderita Diabetes

Makanan untuk meningkatkan konsentrasi

Ruang kemudi kendaraan Ford

Saat otak perlu fokus, energi digunakan untuk menggerakkan proses neurologis kompleks tersebut. Para peneliti memperkirakan bahwa otak Anda menggunakan 20% kalori harian hanya untuk berpikir sehari-hari.

Jika Anda tidak memberikan otak Anda dukungan nutrisi yang dibutuhkan agar berfungsi, proses kognitif dan kemampuan berkonsentrasi Anda akan mulai menurun.

Pastikan Anda juga memilih makanan ringan yang sehat, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, atau yogurt rendah lemak, dapat memberikan energi tambahan tanpa menyebabkan penurunan konsentrasi setelahnya.

Selain itu, Anda perlu menghindari makanan tinggi gula yang dapat menyebabkan penurunan energi yang drastis. Untuk itu, ada beberapa rekomendasi makanan sehat untuk meningkatkan konsentrasi Anda dalam perjalanan jauh.

Simak daftar makanan sehat untuk memperbaiki konsentrasi di jalan raya, dirangkum dari laman Your Heights.

Baca Juga: 11 Sayuran yang Bahaya Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, Hati-Hati Pilih Makanan

1. Ikan Omega-3

Ikan berlemak seperti salmon, herring, dan sarden adalah beberapa sumber makanan yang kaya akan lemak omega 3, yang sangat penting bagi kesehatan otak dan sistem saraf.

Konsumsi lemak ini dapat mendukung fungsi otak, termasuk memori, fokus, dan konsentrasi. Bagi mereka yang tidak mengonsumsi produk hewani, minyak alga juga merupakan alternatif yang kaya akan omega 3 (EPA dan DHA) yang diperlukan oleh otak.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga menjadi sumber energi penting bagi otak. Mereka mengandung asam lemak esensial dan vitamin E, yang ditemukan memiliki manfaat neuroprotektif dan membantu mencegah penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

Kacang almond, kacang brazil, kacang hazel, serta biji bunga matahari termasuk dalam daftar makanan yang kaya akan vitamin E.

Produk kedelai seperti tahu, miso, dan kedelai, adalah sumber makanan yang kaya akan triptofan dan serotonin, dua jenis neurotransmiter yang mendukung fokus dan konsentrasi otak.

Kacang almond dan mede

3. Telur Ayam

Telur mengandung protein yang dapat meningkatkan kadar triptofan dalam darah, yang secara positif terkait dengan peningkatan energi mental, waktu reaksi yang lebih cepat, dan pemrosesan emosional yang lebih baik.

4. Blueberry

Blueberry adalah sumber makanan yang kaya akan antioksidan, terutama antosianin, katekin, serat, dan asam ellagic. Konsumsi blueberry dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi dengan meningkatkan komunikasi neuron di otak.

5. Buah Bit

Bit mengandung nitrat yang sehat, yang dapat menghasilkan oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan memberikan nutrisi dan oksigen yang cukup ke otak.

Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi bit dapat meningkatkan fungsi kognitif, terutama pada bagian otak yang bertanggung jawab untuk fokus dan konsentrasi.

Itulah daftar makanan untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi mengemudi jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru