Ini 5 Tips Berpuasa saat Mudik Lebaran agar Tetap Sehat dan Kuat

Rabu, 03 April 2024 | 12:41 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 5 Tips Berpuasa saat Mudik Lebaran agar Tetap Sehat dan Kuat

ILUSTRASI. Mudik lebaran dan berpuasa


Tips Berpuasa saat Mudik LebaranĀ  - JAKARTA. Dalam momen perjalanan mudik Lebaran, menjaga kesehatan dan kenyamanan saat berpuasa menjadi prioritas utama bagi banyak orang.

Perjalanan jauh seringkali menimbulkan tantangan tersendiri, terutama bagi yang menjalankan ibadah puasa.

Namun, dengan beberapa tips berpuasa yang tepat, Anda dapat tetap merawat kesehatan dan kenyamanan selama perjalanan, menjadikan momen mudik Lebaran ini lebih bermakna dan menyenangkan.

Memperhatikan makanan saat berpuasa dan mudik sangat penting karena kesehatan dan kenyamanan merupakan faktor utama dalam menjalankan ibadah dan melaksanakan perjalanan.

Baca Juga: Cara Mencegah Pecan Ban Saat Mudik, Cek Jadwal Oneway, Contraflow Mudik Lebaran 2024

Tips berpuasa saat mudik

Keluarga Yang mudik Menggunakan Motor

Saat berpuasa, asupan makanan yang tepat akan membantu menjaga stamina, menjauhkan dari rasa lapar dan dehidrasi, serta memastikan tubuh tetap sehat selama beribadah.

Selain itu, ketika melakukan perjalanan mudik, terutama yang jauh, pemilihan makanan yang benar akan membantu menjaga energi, keseimbangan nutrisi, dan kenyamanan selama perjalanan.

Dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, kita dapat memastikan bahwa tubuh mendapatkan asupan yang cukup untuk menjalani ibadah dengan baik serta menjaga kesehatan selama perjalanan mudik.

Simak beberapa tips puasa saat mudik lebaran yang bisa Anda coba, dilansir dari laman Kroma Wellness.

Baca Juga: Nyaman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran, Ini Tips Menjaga Keamanan Rumah

1. Menyiapkan Camilan Sehat

Persiapan untuk memilih camilan yang sehat memegang peranan penting dalam merencanakan perjalanan Anda.

Dengan emilih camilan yang sehat sebelumnya merupakan salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa memiliki makanan saat perjalanan dan sesuai dengan tujuan kesehatan.

Khususnya saat bepergian dengan pesawat, Anda mungkin menemui camilan atau makanan yang tidak sehat. Kenali jenis camilan yang cocok untuk, dan alokasikan ruang di tas perjalanan untuk membawa camilan tersebut.

Saat berpuasa di perjalanan, pilihlah camilan yang kaya protein agar tubuh mendapatkan asupan lemak sehat, karbohidrat, dan protein yang cukup untuk menjaga Anda selama waktu puasa.

Anda dapat mempersiapkan Kroma Travel Kit kami yang mencakup hampir semua yang dibutuhkan untuk berpergian seharian.

2. Pastikan Asupan Cairan yang Cukup

Tidak peduli berada di mana, pastikan untuk mendapatkan cairan yang cukup selama perjalanan Anda. Hidrasi sangatlah penting, terutama saat perjalanan sering melibatkan waktu duduk yang lama, seperti saat mengemudi atau terbang jarak jauh.

Jangan abaikan kebutuhan cairan Anda saat berpergian, karena jadwal perjalanan dapat mengganggu pola minum. Pastikan untuk meminum 11-15 gelas air setiap hari, terutama saat bepergian, karena perubahan zona waktu dan kondisi cuaca dapat mempengaruhi kebutuhan cairan.

Ingatlah, Anda dapat minum air putih saat berpuasa untuk tetap terhidrasi.

3. Perhatikan Asupan Nutrisi saat Makan

Meskipun rasa makanan memang penting, tidak boleh dilupakan bahwa nutrisi juga memiliki peran yang besar. Khususnya saat berpuasa di perjalanan, pastikan bahwa Anda memberikan asupan nutrisi yang cukup pada tubuh untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Saat Anda berpergian, mudah untuk tergoda dengan makanan ringan yang tidak memberikan banyak nutrisi. Cobalah untuk membangun menu Anda dengan memperhatikan perbandingan 40/30/30, yang berarti 40 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 30 persen lemak.

Prioritaskan konsumsi makanan utuh, sayuran segar, buah-buahan, kacang-kacangan, dan pilihan hidrasi yang sehat. Memilih makanan berdasarkan nutrisi akan membuat merasa lebih baik dan kenyang lebih lama.

Kereta makan KA Majapahit

4. Pilih Makanan yang Kaya Protein

Salah satu cara terbaik untuk memberi energi pada tubuh selama perjalanan adalah dengan memprioritaskan asupan protein saat makan. Meskipun mungkin menggoda untuk mencari camilan yang cepat atau makanan yang nyaman, makanan cepat saji seringkali tidak memberikan nutrisi yang cukup.

Pastikan untuk memprioritaskan protein di samping biji-bijian dan sayuran saat memilih makanan. Protein akan membuat Anda kenyang lebih lama dan memberikan energi yang berkelanjutan.

5. Bijak konsumsi makanan berlemak

Bagian terbaik dari perjalanan ini adalah hal-hal yang tidak dapat Anda rencanakan seperti keinginan ingin konsumsi makanan tertentu.

Anda bisa mengatur fleksibilitas dan pola makan ikut berperan. Pastikan, perlu diingat bahwa minuman berat lain yang mengandung karbohidrat dan kalori yang sama seperti makanan dapat dihindari.

Pastikan Anda berhati-hatilĀ dengan asupan hidrasi dan minuman berkafein selama perjalanan, terutama karena Anda mungkin tergoda untuk minum-minum saat melintasi tujuan.

Itulah informasi yang bisa Anda ikuti terkait tips berpuasa sehat selama mudik lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru