Ini 6 Olahraga saat Perjalanan Jauh Mudik Lebaran yang Mudah Dilakukan

Jumat, 05 April 2024 | 13:01 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 6 Olahraga saat Perjalanan Jauh Mudik Lebaran yang Mudah Dilakukan

ILUSTRASI. Olahraga saat Perjalanan Jauh Mudik Lebaran yang Mudah Dilakukan


Olahraga saat Mudik Lebaran - JAKARTA. Intip daftar olahraga saat berkendara jarak jauh mudik lebaran. Saat melakukan perjalanan mudik jauh, penting untuk tetap memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan fisik.

Salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap bugar dan segar selama perjalanan adalah dengan melakukan latihan atau olahraga ringan.

Meskipun perjalanan jauh cenderung membuat kita terbatas dalam ruang dan waktu, tetapi melakukan latihan sederhana bisa menjadi solusi untuk menghindari kekakuan otot dan menjaga energi selama perjalanan.

Dengan memanfaatkan waktu istirahat di rest area atau area pemberhentian lainnya, kita dapat meluangkan sedikit waktu untuk melakukan latihan ringan yang dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan fisik dan mental kita selama perjalanan.

Baca Juga: Agar Tidak Bau, Ini Cara Membersihkan Botol Air Minum

Olahraga Saat Berkendara Jarak Jauh

Olahraga saat Puasa

Olahraga ringan seperti berjalan-jalan di sekitar area pemberhentian atau rest area, melakukan peregangan otot, atau bahkan melakukan beberapa gerakan yoga sederhana bisa menjadi pilihan yang baik.

Selain itu, melakukan latihan pernapasan atau meditasi juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang mungkin timbul selama perjalanan.

Dengan memperhatikan keseimbangan antara waktu istirahat dan latihan fisik ringan, kita dapat memastikan bahwa tubuh tetap dalam kondisi yang baik dan siap menghadapi perjalanan yang panjang.

Berolahraga saat menempuh perjalanan jauh sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan.  Berikut beberapa tips olahraga yang dapat dilakukan dilansir dari laman Alo Moves.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Gula Darah Naik saat Lebaran

1. Berhenti Secara Teratur

Setiap beberapa jam, hentikan kendaraan Anda di tempat istirahat yang aman. Gunakan waktu ini untuk berjalan-jalan, meregangkan otot, dan menghirup udara segar.

2. Lakukan Peregangan Sederhana

Saat istirahat, lakukan peregangan pada leher, bahu, lengan, dan kaki. Ini membantu mengurangi kekakuan otot dan meningkatkan sirkulasi darah.

Anda bisa memilih gerakan Squats, Lungs, hingga peregangan seperti setengah Push Up.

3. Berjalan atau Berlari

Manfaatkan waktu istirahat untuk berjalan-jalan di sekitar area parkir. Jika memungkinkan, lakukan jogging ringan untuk meningkatkan denyut jantung dan sirkulasi darah.

4. Latihan Pernapasan

Saat Anda melakukan latihan pernapasan dalam beberapa menit untuk menenangkan pikiran dan meredakan stres. Pernapasan dalam membantu Anda tetap fokus dan waspada selama perjalanan.

5. Gerakan Mobil

Gunakan gerakan mobil sederhana saat berkendara untuk merilekskan otot dan mengurangi kekakuan. Putar leher perlahan, angkat dan turunkan bahu, atau lakukan gerakan pergelangan tangan.

6. Permainan Otak

Selain aktivitas fisik, latih otak Anda dengan permainan seperti teka-teki silang, permainan papan, atau mendengarkan buku audio.nIni membantu menjaga kewaspadaan dan mengurangi kebosanan saat berkendara.

Itulah informasi terkait gerakan peregangan atau olahraga saat perjalanan jauh mudik lebaran agar tetap bugar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru