Ini 9 Cara Menghemat Listrik di Rumah dengan Atur Penggunaan Elektronik

Rabu, 26 Juni 2024 | 15:31 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 9 Cara Menghemat Listrik di Rumah dengan Atur Penggunaan Elektronik

ILUSTRASI. Cara Menghemat Listrik di Rumah dengan Atur Penggunaan Barang Elektronik. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nz


TIPS & TRIK - JAKARTA. Intip cara menghemat listrik di rumah bagi pemula. Tips dalam menghemat listrik di rumah bukan hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga dapat secara signifikan menekan biaya pengeluaran bulanan.

Pada era modern saat ini, penggunaan peralatan elektronik dan perangkat digital sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Mulai dari lampu penerangan hingga perangkat hiburan dan alat-alat rumah tangga lainnya, konsumsi listrik terus meningkat. Namun, dengan beberapa langkah sederhana dan perubahan kebiasaan, kita dapat mengurangi konsumsi listrik tanpa mengorbankan kenyamanan.

Ada beberapa tips praktis untuk menghemat listrik di rumah mulai dari penggunaan perangkat hemat energi hingga penerapan kebiasaan yang lebih efisien.

Baca Juga: Ini 10 Penyebab dan Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin yang Perlu Diwaspadai

Tips menghemat listrik rumah

Menghemat listrik dari penggunaan Kulkas

Anda akan menemukan cara-cara yang mudah dan efektif untuk menjaga tagihan listrik tetap rendah.

Simak beberapa cara menghemat penggunaan Listrik di Rumah yang dirangkum lewat laman Green Match UK.

1. Mematikan Lampu Saat Meninggalkan Ruangan

Kebiasaan dasar yang perlu dikembangkan adalah selalu mematikan lampu saat meninggalkan ruangan. Ingatkan diri Anda untuk melakukannya sampai menjadi kebiasaan otomatis. Dengan kebiasaan sederhana ini, Anda dapat menghemat sebagian besar biaya listrik bulanan Anda.

2. Beralih ke Lampu LED

Banyak rumah beralih ke lampu LED pintar karena tidak hanya tampil gaya dan terjangkau, tetapi juga jauh lebih efisien daripada bola lampu halogen. Mengganti bola lampu pijar tradisional dengan bola lampu LED yang hemat energi dapat secara signifikan mengurangi penggunaan listrik Anda.

Bola lampu LED mengkonsumsi hingga 90% lebih sedikit energi dan memiliki masa pakai yang jauh lebih lama.

3. Beralih ke Peralatan yang Efisien

Pengering dan lemari es adalah dua peralatan rumah tangga yang paling boros energi, dan menggantinya dengan model yang lebih efisien dapat mengurangi penggunaan listrik hingga setengahnya, sehingga mengurangi tagihan listrik Anda.

Pemasangan pompa panas sumber udara adalah salah satu ide untuk mengurangi konsumsi listrik. Secara umum, merawat dan mengganti peralatan setiap beberapa tahun akan mengurangi beban penggunaan listrik Anda. Anda hanya perlu mempertimbangkan biaya pompa panas.

4. Cabut Perangkat yang Tidak Digunakan

Sangat penting untuk mencabut perangkat saat tidak digunakan. Jangan biarkan perangkat dalam mode siaga tetapi sebaiknya cabut untuk menghemat tagihan listrik Anda dan melindungi planet ini.

Bahkan saat tidak digunakan, perangkat seperti TV, komputer, dan pengisi daya tetap mengonsumsi daya siaga, yang dikenal sebagai "vampire energy." Mencabut perangkat ini saat tidak digunakan dapat menghemat tagihan listrik Anda.

5. Kurangi Penggunaan Air

Ketika Anda menggunakan pompa air, konsumsi listrik turut naik. Ada beberapa cara mudah untuk mengurangi konsumsi air termasuk mandi cepat, menggunakan jumlah air yang diperlukan saat memasak, dan mematikan keran yang mengalir meskipun hanya beberapa detik.

6. Jaga Termostat Suhu yang Lebih Rendah

Usahakan menjaga termostat Anda pada suhu yang sesuai dengan cuaca, ini bisa membuat perbedaan besar dan menghemat biaya energi. Setiap penyesuaian satu derajat dapat menghemat sekitar 3% dari biaya pemanasan dan pendinginan.

Dengan mengatur termostat, Anda dapat menghemat biaya.

7. Pakai Perangkat Pintar Otomatis

Perangkat pintar otomatis dapat mengurangi tagihan energi Anda bahkan ketika Anda lupa. Sistem otomatis pintar akan mendeteksi saat Anda tidak lagi menggunakan perangkat dan mematikan pasokan listriknya. Termostat yang dapat diprogram secara otomatis menyesuaikan suhu berdasarkan jadwal Anda.

8. Pakai Pintu dan Jendela Berlapis Ganda

Pintu dan jendela berlapis ganda adalah solusi sempurna untuk rumah modern karena dapat secara signifikan mengurangi emisi gas rumah kaca dari pemanasan dan pendinginan, sehingga mengurangi jejak karbon Anda dan juga menurunkan tagihan energi.

9. Gunakan AC Sesuai Kebutuhan

Jangan nyalakan AC di ruangan yang tidak digunakan. Fokuskan penggunaan AC hanya pada area yang diperlukan dan tutup pintu ruangan untuk memaksimalkan pendinginan.

Demikian beberapa informasi terkait Ini tips menghemat listrik di Rumah dengan atur Penggunaan elektronik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru