Ini waktu terbaik melakukan disinfektan untuk cegah virus corona

Selasa, 06 April 2021 | 22:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini waktu terbaik melakukan disinfektan untuk cegah virus corona

KONTAN.CO.ID - Membersihkan seluruh permukaan benda yang sering Anda pegang bisa jadi salah satu cara mencegah virus corona. Namun, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu waktu melakukan disinfektan agar pencegahan Covid-19 bisa efektif.

Meski memiliki potensi yang rendah, Anda bisa terinfeksi virus corona setelah memegang permukaan benda yang terinfeksi Covid-19. Namun, hal itu tidak menunjukkan Anda perlu melakukan disinfektan setiap waktu.

Mengutip dari Best Life, Anda hanya perlu melakukan disinfektan dalam kurun waktu 24 jam setelah pasien positif Covid-19 yang memegang benda-benda di sekitar Anda. Misalnya, pasien terinfeksi virus corona baru saja bertamu di rumah Anda.

Meski demikian, Anda tetap perlu membersihkan isi rumah secara berkala. Hal itu dilakukan untuk menghindari infeksi kuman penyebab penyakit yang lain. Cobalah untuk tetap membersihkan rumah dengan sabun atau deterjen pembersih yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: Obat ini bisa digunakan untuk mencegah Covid-19, lo

Baca Juga: Cara agar vaksin Covid-19 bisa optimal hasilkan antibodi terhadap virus corona

Melansir Best Life, sebaiknya perhatikan permukaan-permukaan benda yang sering dipegang. Mulai dari gagang pintu, permukaan meja, atau sakelar lampu. Apalagi jika ada banyak orang yang sering datang ke rumah Anda.

Selain membersihkan permukaan benda, menerapkan protokol kesehatan secara disiplin jadi salah satu pencegahan Covid-19 yang cukup efektif. Pastikan untuk selalu memakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain.

Setelah melakukan aktivitas di luar rumah, usahakan untuk selalau mencuci tangan dengan air dan sabun. Tujuannya, agar tidak ada virus atau jenis kuman lain yang terbawa masuk setelah Anda melakukan kegiatan.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda perlu mempertahankan daya tahan tubuh agar tetap kuat. Cobalah untuk mengonsumsi buah, sayur, dan bahkan multivitamin tambahan supaya sistem imun tubuh terjaga. Selain itu, Anda juga perlu melakukan olahraga secara rutin.

Selanjutnya: Hasil penelitian, flu biasa bisa memacu imun terhadap Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru