TIPS & TRIK - JAKARTA. Ada beberapa langkah membuat tanda tangan di Microsoft Word. Tanda tangan digital kini semakin dibutuhkan untuk keperluan penting, terutama saat membuat dokumen melalui platform seperti Word.
Tanda tangan digital adalah tanda tangan elektronik yang dibuat, diverifikasi, dan digunakan untuk mengesahkan keaslian dokumen atau transaksi tertentu.
Proses ini biasanya memanfaatkan teknologi kriptografi untuk menjamin keamanan dokumen atau transaksi tersebut. Dengan demikian, meskipun berbentuk digital, tingkat keamanannya setara atau bahkan lebih unggul dibandingkan tanda tangan fisik konvensional.
Jika Anda ingin menambahkan tanda tangan digital, Anda dapat menggunakan aplikasi atau platform yang dirancang khusus untuk keperluan ini.
Baca Juga: Cara Menulis Huruf Arab di Word untuk Pemula, Cek Panduan Setting Bahasa
Tanda Tangan Digital
Kelebihdan dari tanda tangan digital ini biasanya memiliki sifat yang tidak dapat diubah atau dimanipulasi, dan dapat diintegrasikan dengan sistem atau platform lain untuk keperluan verifikasi dan audit.
Keberadaan tanda tangan digital sangat berguna dalam dunia bisnis dan keuangan karena dapat mempercepat proses transaksi dan mengurangi biaya administrasi, serta meningkatkan efisiensi dan akurasi data.
Namun, penting untuk memastikan bahwa tanda tangan digital online yang digunakan telah memenuhi standar keamanan dan keandalan yang diperlukan untuk mencegah penyalahgunaan atau kebocoran data pribadi.
Baca Juga: Ini Cara Mematikan Fitur Koreksi Otomatis di Keyboard HP hingga Laptop
Di era digital penggunaan software Microsoft Word banyak diperlukan untuk surat menyurat. Fitur tanda tangan digital sangat dibutuhkan dalam penggunaan software tersebut.
Artinya, ada kemungkinan pengguna Microsoft Word membutuhkan tanda tangan online atau tanda tangan digital. Tentunya, siapkan koneksi internet yang dibutuhkan untuk akses ke website tanda tangan digital seperti Signaturely.
Pastikan pengguna juga menjaga privasi dari tanda tangan digital agar tidak berpindah ke file atau perangkat.
Ikuti panduan dalam membuat tanda tangan di Word secara online dan offline dilansir dari DocuSign.
Baca Juga: Ini Cara Daftar Akun Microsoft untuk Pengguna Laptop Baru
1. Buat tanda Tangan di Word untuk pengguna Mac
Pengguna bisa ikuti petunjuk untuk pembuatan tanda tangan di Microsoft Word bagi pemilik MacBook.
- Buat tanda tangan terlebih dahulu di aplikasi Preview.
- klik Show Markup Toolbar.
- Pilih Sign.
- Pilih Trackpad untuk menggambar tanda tangan.
- Klik CMD + Shift + 4 untuk melakukan screenshot.
- Buka dokumen Microsoft Word.
- Pilih Images.
- Pilih Picture dan klik Picture From File.
- Arahkan ke direktori dimana menyimpan screenshot tanda tangan tadi.
- Atur ukuran tanda tangan sesuai kebutuhan.
2. Buat tanda Tangan di Word melalui Signaturely
Nah, ada cara membuat tanda tangan di Word lewat laman platform seperti Signaturely.
- Buka laman https://signaturely.com/online-signature/ pada browser.
- Klik Draw your Signature.
- Buat Tanda Tangan.
- Klik Download eSignature.
- Buka file Word target tanda tangan digital.
- Buka tab Insert.
- Pilih Pictures.
- Pilih foto tanda tangan.
- Klik Insert.
- Klik gambar foto tanda tangan.
- Klik menu Color.
- Pilih fitur Black and White.
- Klik kanan dan pilih Behind Text pada Wrap Text.
- Atur tanda tangan digital sesuai selera.
Baca Juga: Cara Mencari Jurnal Internasional dan Nasional di Google Scholar hingga Situs Lain
3. Buat tanda tangan di Word melalui menu Foto
Selanjutnya, salah satu cara membuat tanda tangan di Word lainnya yakni memindahkan foto ke dokumen.
- Buat tanda tangan di selembar kertas putih.
- Foto tanda tangan.
- Pindahkan foto ke penyimpanan.
- Buka file Word target tanda tangan digital.
- Buka tab Insert.
- Pilih Pictures.
- Pilih foto tanda tangan.
- Klik Insert.
- Klik gambar foto tanda tangan.
- Klik menu Color.
- Pilih fitur Black and White.
- Klik kanan dan pilih Behind Text pada Wrap Text.
- Atur tanda tangan digital sesuai selera.
4. Buat tanda tangan di Word melalui menu Insert
Terakhir, untuk membuat tanda tangan di Microsoft Word, ikuti langkah-langkah berikut.
- Buka dokumen Microsoft Word.
- Pilih tab Insert di ribbon atau menu.
- Klik tombol Picture di bagian Illustrations.
- Cari file gambar tanda tangan di komputer.
- Pilih Insert.
- Klik dan tarik tanda tangan untuk menempatkannya di tempat yang diinginkan di dokumen.
- Pilih tab Home di ribbon untuk menambahkan teks di tempat yang diinginkan.
- Jika ingin menyimpan tanda tangan sebagai objek yang dapat digunakan lagi di masa depan.
- Klik kanan pada tanda tangan dan pilih Save as Picture.
- Simpan gambar tanda tangan di lokasi yang mudah diingat.
Kemudian, setelah semua file Microsoft Word dan Adobe PDF diedit, cek kembali posisi tanda tangan digital melalui menu Print View. Hal ini untuk memastikan munculnya tanda tangan bila file akan dicetak di printer.
Demikian penjelasan terkait cara membuat tanda tangan di Word terbaru tanpa repot menggunakan scanner secara offline.
Selanjutnya: Duit Beredar Melambat Tanda Isi Dompet Cekak
Menarik Dibaca: Promo Bank Danamon, Belanja di Superindo Dapat Cashback hingga Rp 30.000!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News