Inilah beragam cara latihan untuk menyembuhkan paru-paru setelah sembuh dari Covid-19

Kamis, 13 Mei 2021 | 06:00 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah beragam cara latihan untuk menyembuhkan paru-paru setelah sembuh dari Covid-19


COVID-19 - Jakarta. Paru-paru adalah organ tubuh bagian dalam yang diserang virus corona saat terkena Covid-19. Oleh karena itu, setelah sembuh dari Covid-19, masyarakat harus melakukan latihan tertentu sebagai cara menyehatkan dan memulihkan kapasitas paru-paru.

Simak cara memulihkan kesehatan paru-paru agar setelah sembuh dari Covid-19. Lakukan secara rutin agar kesehatan paru-paru normal kembali seperti sebelum terkena Covid-19.

Jika paru-paru kita terkena dampak selama terinfeksi Covid-19, sangat penting untuk mengikuti pedoman dan teknik tertentu guna mengembalikannya ke kapasitas semula. Pneumonia akibat Covid-19 dapat menyebabkan beberapa komplikasi, dan itulah alasan seseorang harus sangat berhati-hati selama fase pemulihan.

Berikut adalah beberapa latihan yang direkomendasikan fisioterapis, yang harus kita lakukan setidaknya 6-7 kali setiap hari untuk menyehatkan paru-paru setelah terinfeksi Covid-19.

1. Tes spirometri

Cara pertama untuk menyehatkan kapasitas paru-paru setelah terinfeksi Covid-19 adalah dengan tes spirometri. Tes spirometri adalah salah satu metode untuk kembali memperkuat paru-paru.

Cara yang benar untuk melakukannya adalah dengan menarik napas dalam-dalam dan mencoba mengangkat semua bola, lalu hembuskan napas di luar alat. Selain itu, pastikan juga tidak ada gerakan tersentak-sentak. Jadi, kita harus menggunakannya dengan sangat halus.

Baca juga: Waspadai efek samping vaksin Covid-19 yang berlangsung lama

2. Pursed lip breathing

Cara kedua untuk menyehatkan kapasitas paru-paru setelah sembuh dari Covid-19 adalah melakukan pursed lip breathing. Pursed lip breathing (PLB) adalah teknik pernapasan penting lainnya yang membantu membuka paru-paru.

Kita bisa melakukannya dengan menutupi bibir dan tarik napas dalam-dalam dari hidung. Setelah itu, buat huruf O dan buang napas dari mulut dan ulangi sebanyak yang kita mampu.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru