Inilah solusi bagi yang susah BAB?

Selasa, 30 Maret 2021 | 17:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah solusi bagi yang susah BAB?


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak cara untuk mengatasi sembelit. Susah BAB atau sembelit adalah salah satu masalah sistem pencernaan yang sering dialami oleh banyak orang.

Sembelit biasanya ditandai dengan frekuensi buang air besar yang berkurang, tekstur feses yang dikeluarkan keras, dan Anda merasa kesulitan untuk mengeluarkannya. Jika hal itu terus terjadi, bukan tidak mungkin masalah kesehatan yang lebih parah Anda alami.

Selain mengonsumsi obat yang dijual di apoten, sembelit perlu Anda atasi dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Dengan begitu, jadwal buang air besar Anda bisa kembali normal dan risiko berbagai macam penyakit bisa berkurang.

Olahraga

Mengutip dari Health (health.com), olahraga jadi salah satu kegiatan yang bisa menghindarkan Anda dari sembelit. Jika Anda belum terbiasa melakukan olahraga, mulailah dengan olahraga ringan yang mudah dilakukan, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau jenis olahraga lain yang Anda sukai.

Baca Juga: Bayi susah BAB? Inilah penyebab dan cara mengatasinya

Minum Air Putih

Salah satu penyebab sembelit yang utama adalah tubuh Anda kekurangan cairan atau dehidrasi. Maka dari itu, cobalah untuk minum banyak air putih sesuai dengan kondisi Anda. Umumnya, seseorang membutuhkan delapan gelas air putih per hari. Namun, jumlah tersebut bisa berbeda sesuai dengan aktivitas Anda.

Kelola Stres

Tahukah Anda bahwa mengelola stres dengan baik termasuk salah satu cara mengatasi susah BAB? Sistem saraf adalah salah satu komponen yang mengontrol usus besar. Artinya, saat Anda stres, kinerja usus besar dan sistem pencernaan lain pun terganggu.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan supaya stres bisa terkelola dengan baik. Misalnya, melakukan kegiatan relaksasi atau hobi, membuat jurnal, dan lain sebagainya. Jika memang diperlukan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter supaya stres Anda tidak semakin parah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi obat sembelit dari bahan-bahan alami

Perbanyak Asupan Serat

Memperbanyak asupan serat termasuk salah satu cara mengatasi susah BAB.

Cara mengatasi susah BAB yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan memperbanyak asupan serat. Anda bisa mengonsumsi buah, sayur, oatmeal, atau jenis makanan lain supaya kebutuhan serat Anda terpenuhi.

Konsumsi Probiotik

Health merekomendasikan probiotik supaya sembelit bisa teratasi dengan baik. Yogurt atau kimchi adalah beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik. Dengan mengonsumsi jenis makanan itu, bakteri dalam sistem pencernaan menjadi lebih sehat sehingga sembelit pun bisa hilang.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi obat susah BAB yang ada di sekitar Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru