Inilah tips WHO untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19

Minggu, 11 Juli 2021 | 05:10 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah tips WHO untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir, masyarakat harus terus menjalankan protokol kesehatan. Masyarakat juga perlu meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah infeksi virus corona penyebab Covid-19.

Cara menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh harus terus dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Salah satu cara menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19 adalah konsumsi makanan bergizi.

Berikut panduan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) tentang cara menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19.

Di masa pandemi Covid-19, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk mencegah infeksi virus corona. Karena itu, perlu asupan nutrisi dan hidrasi yang tepat bagi tubuh.

Sebut saja seperti mengonsumsi makanan segar dan tidak diproses. Keduanya membantu tubuh mendapatkan vitamin, mineral, serat, protein, dan antioksidan guna menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19.

Tidak hanya itu, untuk mengurangi risiko penyakit pada tubuh sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19, asupan gula, lemak, dan garam juga sebaiknya dibatasi.

Sebagai referensi makanan sehat, Badan Kesehatan Dunia atau WHO memiliki catatan makanan apa saja yang harus dikonsumsi guna menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk membantu mencegah Covid-19.

Baca juga: Senjata lawan virus corona, ini 8 cara mudah meningkatkan imunitas tubuh

Dilansir dari WHO, berikut adalah cara menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk membantu mencegah Covid-19"

  • Makanan segar dan tidak diproses

Cara pertama untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh guna membantu mencegah Covid-19 adalah konsumsi makanan segar dan tidak diproses. Mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, telur, ikan, dan susu sangat direkomendasikan guna menjaga kesehatan di tengah pandemi.

Selain itu, waktu dan cara memasak sayuran juga perlu diperhatikan. Agar kandungan nutrisinya tidak hilang, masaklah sayuran dengan suhu dan waktu yang tidak terlalu lama.

WHO menyarankan untuk makan 4 porsi buah, 5 porsi sayuran, 180 gram biji-bijian, dan kacang-kacangan setiap hari. Sedangkan untuk daging merah, bisa dikonsumsi dua kali per minggu dan unggas dikonsumsi dua hingga tiga kali per minggu.

Sebagai camilannya, pilihlah sayuran mentah dan buah segar dibandingkan makanan manis yang tinggi gula atau makanan berlemak.

Simak cara menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh guna membantu mencegah Covid-19 di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru