Jangan sampai keliru, ini tips memilih hewan kurban sesuai dengan syariat Islam

Sabtu, 26 Juni 2021 | 12:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jangan sampai keliru, ini tips memilih hewan kurban sesuai dengan syariat Islam


KONTAN.CO.ID -  Jakarta.Anda berencana untuk berkurban saat Idul Adha 2021 mendatang? Sebelum membeli hewan kurban, Anda perlu memastikan hewan tersebut memenuhi syarat yang disyariatkan dalam Islam. Hewan yang biasa dikurbankan adalah sapi, kambing, atau domba. 

Saat mendekati Idul Adha, Anda bisa menemukan banyak pedagang hewan musiman yang menjajakan hewan kurban seperti kambing atau domba.

Harga hewan tersebut berbeda-beda tergantung dengan berat badan dan jenisnya. Saat membeli hewan kurban, Anda bisa datang langsung dan memilih sendiri atau melalui jasa pedagang hewan kurban. 

Agar hewan kurban yang dipilih benar-benar baik dan sehat, ada tips dari dosen Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), Supra Tikno, yang bisa Anda terapkan. 

Menurut Supra Tikno, hewan yang akan dikurbankan memiliki syarat yang berbeda dengan yang dikonsumsi sehari-hari. Hewan tersebut perlu memiliki kriteria tertentu agar sesuai dengan persyaratan yang disyariatkan. 

“Biasanya, hewan tersebut punya surat keterangan kesehatan hewan (SKKH),” jelas Supra Tikno seperti dikutip dari laman IPB

Baca Juga: 10 manfaat baking soda, dari pemutih gigi hingga bisa jadi deodorant alami

Syarat hewan yang akan dikurbankan

Jika Anda akan berkurban saat Idul Adha tahun 2021 ini, Anda perlu tahu ciri-ciri hewan yang sehat dan sah untuk dijadikan hewan kurban. 

Syarat-syarat yang perlu terpenuhi dalam hewan kurban adalah sehat, tidak kurus, tidak cacat, dan cukup umur. Kambing atau sapi kurban yang sehat menunjukkan ciri-ciri tertentu diantaranya: 

  • Aktif bergerak
  • Nafsu makan 
  • Rambut atau bulu tidak kusam
  • Cermin hidung basah
  • Mata bersinar
  • Mulut, hidung, dan anus bersih. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru