Kemenkes Beberkan 7 Makanan yang Harus Dijauhi Penderita Kolesterol, Apa Saja?

Senin, 24 Juli 2023 | 11:28 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Kemenkes Beberkan 7 Makanan yang Harus Dijauhi Penderita Kolesterol, Apa Saja?

ILUSTRASI. Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah Anda.


MAKANAN PANTANGAN KOLESTEROL - Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah Anda. Tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Melansir Mayo Clinic, kolesterol tinggi bisa berbahaya karena dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah Anda. 

Akhirnya, endapan ini tumbuh, sehingga mempersulit aliran darah yang cukup melalui arteri Anda. Terkadang, endapan tersebut bisa tiba-tiba pecah dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kolesterol erat kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi. Belum banyak yang tahu, makanan penyebab kolesterol tinggi ternyata tidak hanya terdapat pada hidangan bersantan atau berlemak.

Beberapa makanan yang kerap dikonsumsi setiap hari ternyata juga bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi.

Melansir dari laman resmi Kemkes.go.id, berikut makanan penyebab kolesterol tinggi yang harus dihindari.

Baca Juga: Manfaat Jalan Kaki Pagi Hari, Sehari Cukup 30 Menit

1. Otak Sapi dan jerohan

Kandungan kolesterol dalam 10 gram otak sapi bisa sampai 2.500 mg. Sebaiknya kurangi makanan-makanan yang bersumber dari makanan hewani yang memiliki lemak jenuh yang tinggi. Tambahkan makanan yang lebih sehat seperti ikan, sayuran dan jenis makanan sehat lainnya.

2. Kuning Telur

Kuning telur diketahui memiliki kandungan kolesterol yang tinggi jika dibandingkan dengan makanan lainnya. Dalam 100 gram kuning telur setidaknya memiliki kandungan kolesterol sekitar 1200 miligram atau 400 persen lebih jika dibandingkan dengan kolesterol yang dibutuhkan setiap harinya.

Baca Juga: Menu Makanan & Minuman untuk Penderita Asam Urat, Cek Juga Ciri-Ciri Gout

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru