Konsumsi makanan ini biar cepat sembuh dari Covid-19

Kamis, 28 Oktober 2021 | 22:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Konsumsi makanan ini biar cepat sembuh dari Covid-19

KONTAN.CO.ID - Setiap orang punya risiko terinfeksi Covid-19. Bila terpapar virus corona, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya Anda konsumsi guna mempercepat proses penyembuhan.

Hal penting yang perlu Anda ingat adalah beberapa rekomendasi makanan dan minuman dalam artikel ini tidak memberikan hasil 100%, ya.

Anda tetap perlu mengonsultasikannya ke dokter. Dengan begitu, rekomendasi menu sehat bisa disesuaikan dengan kondisi Anda.

Supaya cepat sembuh, Eating Well menyebutkan, Anda perlu memastikan bahwa tubuh Anda mendapat asupan cairan yang mencukupi.

Maksudnya, hindari dehidrasi. Anda perlu minum lebih banyak air putih ketika sakit, termasuk saat terinfeksi Covid-19.

Selain air putih, Anda juga bisa memilih cairan lain. Mulai dari kuah sup, jus, teh herbal, hingga madu. Minum teh herbal dan madu secara teratur juga bisa meredakan batuk, sakit tenggorokan, serta gejala virus corona yang lain.

Baca Juga: Hati-hati, Anda bisa terinfeksi Covid-19 karena hal ini

Baca Juga: Seberapa lama virus corona bisa bertahan di permukaan? Ini jawabannya

Selanjutnya, Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi yang penuh nutrisi. Beberap jenis nutrisi yang sebaiknya Anda konsumsi ketika sakit adalah vitamin C, vitamin A, vitamin D, vitamin E, zinc, dan lain sebagainya.

Melansir Eating Well, sebaiknya jangan konsumsi suplemen vitamin atau mineral. Kecuali, jika Anda telah mendiskusikan hal tersebut dengan dokter.

Jika Anda mengonsumsi suplemen dengan dosis yang semabrangan, dikhawatirkan, kondisi tubuh Anda justru lebih terganggu.

Tidak hanya memperbanyak asupan makanan dan minuman tertentu, Anda juga perlu membatasi beberapa jenis makanan dan minuman. Hindari minuman yang justru membuat tubuh dehidrasi, misalnya, minuman berlakohol.

Saat memilih makanan sehari-hari, pastikan untuk mengonsumsi makanan dengan tekstur lembut sehingga lebih mudah untuk dicerna. Apalagi, jika Anda mengalami gejala Covid-19 yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti sakit perut.

Selanjutnya: Vaksin flu bisa kurangi gejala Covid-19? Cek laporannya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru