CLOSE [X]

Manfaat Membangun Relasi, Mahasiswa Bisa Cepat Dapat Kerja dengan Cara Ini

Minggu, 02 Januari 2022 | 10:30 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Manfaat Membangun Relasi, Mahasiswa Bisa Cepat Dapat Kerja dengan Cara Ini


KONTAN.CO.ID - Membangun relasi yang luas merupakan salah satu faktor mahasiswa bisa dengan cepat mendapatkan pekerjaan. Manfaat membangun relasi, mahasiswa bisa cepat dapat kerja dengan cara ini

Sebetulnya, tidak hanya mahasiswa yang harus membangun relasi seluas-luasnya, tetapi semua orang harus melakukan hal tersebut.

Selain karena manusia sebagai makhluk sosial, dengan relasi yang luas dan baik akan membuat kehidupan sosial menjadi lebih damai. 

Membangun relasi bagi mahasiswa juga bisa bermanfaat untuk informasi lowongan kerja, informasi kuliah, dan manfaat lain yang bisa membantu kelak. 

Baca Juga: Tips Sukses Melamar Pekerjaan, Perhatikan 5 Hal Berikut

Berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membangun relasi bagi mahasiswa:

1. Ikut Organisasi BEM atau Hima

Mengikuti organisasi di kampus baik Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) maupun Himpunan Mahasiswa (Hima) merupakan salah satu cara membangun relasi sejak dini di kampus. 

Hal tersebut tentu sangat bermanfaat karena dapat menambah relasi diruang lingkup kampus. Selain belajar berorganisasi, Anda juga akan cukup populer di kampus karena aktif sebagai mahasiswa. 

Selain itu, biasanya organisasi mahasiswa akan sering berinteraksi lebih dengan para dosen dan tendik kampus lainnya. Hal tersebut menjadi poin tambahan membangun relasi yang baik. 

2. Ikut UKM 

Tips membangun relasi selanjutnya adalah ikut Unit Kegiatan Mahasiswa. UKM hampir mirip dengan BEM atau Hima namun UKM biasanya lebih spesifik sesuai dengan bidang tertentuk, misalnya, sepak bola, basket, kesenian, paduan suara, pers mahasiswa dan masih banyak lagi. 

Biasanya, UKM ini lebih menjalin relasi dengan antar universitas. Hal tersebutlah yang bisa anda manfaatkan untuk membangun relasi saat menjadi mahasiswa selain mendapatkan pengalaman selama aktif di UKM. 

Baca Juga: 4 Situs penyedia lowongan pekerjaan resmi dan paling banyak diminati

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru