Mau Mudik Lebaran 2022? Simak 5 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Sabtu, 30 April 2022 | 07:20 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Mau Mudik Lebaran 2022? Simak 5 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

ILUSTRASI. Cara mengatasi mabuk perjalanan saat mudik lebaran 2022.


MUDIK LEBARAN - Simak beberapa tips dan cara mengatasi mabuk perjalanan sebelum Anda melakukan perjalan mudik lebaran 2022 ke kampung halaman. Pasalnya, mabuk perjalanan merupakan masalah yang tidak boleh dianggap sepele karena akan sangat mengganggu perjalanan mudik.

Gejala yang ditimbulkan saat mengalami mabuk perjalanan biasanya ditandai dengan pusing, mual hingga muntah. Kondisi tersebut bisa saja dialami baik perjalanan darat, laut, maupun udara. 

Selain itu, mabuk perjalanan bisa dialami oleh siapa saja baik anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. 

Baca Juga: 5 Manfaat Pare untuk Kesehatan, Mampu Turunkan Kolesterol Jahat Loh

Penyebab mabuk perjalan bisa dipengahui oleh banyak faktor. Contohnya seperti bermain smartphone, membaca buku, migrain, punya riwayat vertigo dan lain-lain.

Lantas bagaimana cara mengatasi mabuk perjalanan?

Merangkum dari One Medical, berikut beberapa cara mengatasi mabuk perjalanan supaya tidak mengganggu mudik lebaran Anda nanti, di antaranya:

1. Memilih Posisi

Biasanya pengemudi mobil cenderung kurang rentan terhadap mabuk perjalanan. Hal tersebut dikarenakan otak pengemudi fokus untuk mengendalikan kendaraan. 

Untuk itu cobalah untun memilih posisi tempat duduk paling depan supaya otak lebih bisa mengendalikan pikiran dari mabuk perjalanan jika Anda menggunakan trasportasi darat khususnya mobil.

2. Batasi Asupan Makanan

Perhatikan asupan makanan sebelum dan selama  perjalanan. Pasalnya, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu munculnya mual, pusing hingga gejala mabuk perjalanan lainnya. 

Contohnya, hindari makanan pedas, alkohol, merokok supaya Anda terhindar dari mabuk perjalanan yang bisa mengganggu mudik lebaran Anda. 

Baca Juga: Kumpulan Doa dan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau Lebaran 2022

3. Berpikir Positif 

Cara mengatasi mabuk perjalanan selanjutnya yaitu dengan berpikir positif sebelum dan selama perjalanan. Jika Anda seorang yang sering mengalami mabuk perjalanan, cobalah untuk mulai berpikir bahwa Anda benar-benar tidak akan mabuk untuk kali ini. 

Pasalnya, dilansir dari One Medical, sebuah penelitian menemukan bahwa dengan cara berpikir tidak akan mabuk efektif dalam mencegah mabuk perjalanan. 

4. Mengkonsumsi Jahe

Beberapa penelitian menujukan bahwa mengkonsumsi jahe efektif untuk mencegah mabuk perjalanan. Untuk itu, cobalah untuk mengkonsumsi jahe sebelum melakukan perjalanan nanti. 

5. Mengkonsumsi Obat 

Jika semua cara di atas masih belum efektif untuk mengatasi mabuk perjalanan, mengkonsumsi obat untuk mengurangi gejala mabuk perjalan bisa jadi pilihan terakhir. Selain itu, sebelum mengkonsumsi obat Anda perlu berhati-hati. Pasalnya, obat mabuk perjalanan mempunyai efek samping salah satunya mengantuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru