Mengandung Purin Tinggi, Ini 7 Makanan yang Terlarang Bagi Penderita Asam Urat

Sabtu, 01 April 2023 | 04:00 WIB Sumber: Kompas.com
Mengandung Purin Tinggi, Ini 7 Makanan yang Terlarang Bagi Penderita Asam Urat


KESEHATAN - JAKARTA. Penderita asam urat memiliki sejumlah makanan pantangan yang dilarang untuk dimakan. Salah satu pantangan penderita asam urat adalah emping melinjo. Kenapa penderita asam urat dilarang makan emping melinjo?

Seperti diketahui, penderita asam urat tinggi wajib menjalankan pola makan sehat dan diet rendah purin untuk mencegah penyakit kambuh. Apabila kebiasaan makan sembarangan tidak dikontrol, penderita bisa merasakan gejala penyakit kambuh seperti sendi nyeri, bengkak, dan ruam kemerahan.

Simak penjelasan kenapa penderita asam urat dilarang makan emping melinjo dan makanan pantangan lainnya.

Untuk mencegah penyakit kambuh, penderita asam urat tinggi sebaiknya tidak boleh makan emping melinjo dan makanan tinggi purin lainnya. Dilansir dari laman resmi Rumah Sakit Umum Pusat Dr Kariadi, emping melinjo termasuk makanan tinggi purin yang menjadi pantangan untuk penderita asam urat.

Dalam 100 gram emping melinjo, kandungan purinnya bisa mencapai 150—800 miligram. Mengonsumsi asupan yang banyak mengandung purin bisa membuat tubuh memproduksi asam urat berlebih untuk memecah purin.

Baca Juga: Jus Buah Ini Efektif Menurunkan Asam Urat Tinggi

Perlu diketahui, purin adalah zat kimia yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Tapi, terkadang zat kimia ini juga terkandung dalam makanan atau minuman tertentu.

Dikutip dari buku Atasi Rematik dan Asam Urat ala Hembing oleh Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma, penderita asam urat perlu menjalani diet rendah purin dengan batas aman konsumsi maksimal 150 miligram per hari. Mengingat kandungan purin dalam emping melinjo tinggi dan mendekati batas aman konsumsi purin per hari, ada baiknya penderita asam urat tidak boleh makan camilan ini.

Baca Juga: 5 Cara Mengontrol Asam Urat Agar Tetap Normal, Tak Perlu Konsumsi Obat Kimia

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru